STRATEGI BRANDING PADA RUMAH SAKIT NATIONAL HOSPITAL SURABAYA

DHITA ALGHA PRATAMA, MUTIAH

Abstract


Tingginya jumlah rumah sakit di Kota Surabaya menyebabkan adanya persaingan yang kuat diantara rumah sakit. Hal ini berdampak pada proses pemilihan rumah sakit bagi calon konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi branding pada jasa kesehatan, khususnya pada Rumah Sakit National Hospital Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode studi kasus berupa deskriptif kualitatif dengan tiga sumber data yakni wawancara, telaah dokumen, sekaligus observasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi branding yang dilakukan oleh National Hospital terdiri dari lima unsur, yakni pelaksanaan CSR, pelaksanaan loyalty program, pelaksanaan marketing mix, peran dan keikutsertaan pada event Surabaya Health Season sekaligus pengelolaan sumber daya manusia. Berdasarkan strategi tersebut akan didapatkan brand image positif dan sesuai dengan branding yang dibentuk National Hospital sebagai rumah sakit nasional berstandar internasional.

Full Text: PDF