SISTEM MONITORING INTENSITAS CAHAYA DAN DAYA PADA DUAL AXIS SOLAR TRACKING SYSTEM BERBASIS IOT

RIZKY WALOYO TRICAHYONO, NUR KHOLIS

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sebuah sistem monitoring pada dual axis solar tracking system berbasis IoT untuk meningkatkan efisiensi penerimaan cahaya oleh panel surya, serta melakukan monitoring dari daya yang dihasilkan oleh panel surya berbasis IoT.

Sistem tracking merupakan sebuah metode yang mampu untuk membuat panel surya bergerak mengikuti pergerakan dari arah datangnya sumber cahaya agar panel surya mendapatkan cahaya maksimal, sehingga daya yang dihasilkan juga akan maksimal. Untuk mengetahui besar daya yang dihasilkan oleh panel surya, dapat dilakukan dengan menggunakan sistem monitoring. Semakin berkembangnya teknologi, sistem monitoring dapat dilakukan dengan jarak jauh menggunakan metode IoT.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem yang telah dibuat mampu untuk menggerakkan panel surya sesuai dengan arah datangnya sumber cahaya. Pada sistem monitoring, sensor mampu untuk membaca hasil dengan rata – rata error dibawah 5% dengan nilai 3,92% untuk pembacaan tegangan, 3,84% untuk pembacaan arus, 0.42% untuk pembacaan daya, serta 0.36% untuk pembacaan intensitas cahaya dan mampu untuk menampilakan data tersebut setiap ± 15 detik sekali.

Full Text: PDF