ARANSEMEN LAGU TOMBO ATI OLEH GRUP MUSIK RELIGI HAYATUNA DI SEDAYULAWAS BRONDONG LAMONGAN

MOH. FAJAR BAGUS P.

Abstract


Abstrak


Grup Musik Religi Hayatuna adalah sebuah grup musik  yang berdiri pada bulan Agustus tahun 1997 dan cukup dikenal oleh masyarakat Lamongan khususnya di desa Sedayulawas kecamatan Brondong. Personil Hayatuna tidak ada yang berlatar belakang pendidikan musik, tetapi mereka dapat membuktikan kemampuan bermusiknya melalui Hayatuna dengan menyampaikan dakwah Islam dan memiliki fungsi lain sebagai sarana hiburan. Grup ini menyajikan musik dengan menggunakan iringan instrumen musik etnik kontemporer tradisional dan modern yaitu: saron, gendang, gitar, bass, keyboard, drum, biola, dan rebana. Aktivitas dari Grup musik religi Hayatuna ini diantaranya dengan mengadakan latihan rutin setiap Sabtu atau Minggu malam, bermain di berbagai acara, seperti acara padang bulan, musyawarah daerah, amal, lebaran, acara pernikahan, ulang tahun, seminar, dll. Untuk lagu-lagu yang dibawakan sebagian besar adalah lagu religi, namun tidak menutup kemungkinan untuk membawakan lagu non religi sesuai dengan permintaan dari pemilik acara.


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk pemanggungan grup musik religi Hayatuna di Sedayulawas Brondong Lamongan dan untuk mengetahui bentuk aransemen lagu tombo ati grup musik religi Hayatuna di Sedayulawas Brondong Lamongan. Landasan teori dalam penelitian ini adalah teori aransemen, unsur-unsur musik, musik religi, dan bentuk penyajian.


Pendekatan penelitian pada penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan objek penelitian “aransemen lagu tombo ati oleh grup musik religi Hayatuna di Sedayulawas Brondong Lamongan” dan subjek penelitian yang meliputi : “pendiri sekaligus ketua grup Hayatuna, vokalis dan drummer grup musik religi Hayatuna”.


Simpulan dari penelitian ini yaitu format bentuk penyajian grup musik religi Hayatuna biasanya tidak menggunakan panggung yang megah atau khusus dengan menggunakan sound system, microphone, alat-alat musik seperti gitar elektrik, bass elektrik, keyboard, biola, gendang, rebana, saron, dan drum. Kostum atau seragam yang digunakan oleh grup musik religi Hayatuna adalah kostum lurik dan busana muslim. Tata lampu yang digunakan adalah lampu general atau sekedar untuk penerangan saja. Aransemen lagu tombo ati oleh grup musik religi Hayatuna dibagi menjadi 5 bagian antara lain: bagian intro, bagian A, bagian B, bagian C, dan bagian D dan berdurasi kurang lebih 6 menit.


Kata Kunci : Grup Hayatuna, aransemen, musik religi, bentuk penyajian.


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.