MANAJEMEN PERTUNJUKAN GRUP MUSIK CAMPURSARI SRI WIDODO LOKANANTA DESA SONOAGENG KECAMATAN PRAMBON NGANJUK

MOCH.IRVANDI ANANSA

Abstract


Abstrak


Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui latar belakang didirikannya grup musik campursari Sri Widodo Lokananta (2) Untuk mengetahui manajemen pertunjukan grup musik campursari Sri Widodo Lokananta meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, serta pengawasan.


Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan rancangan studi kasus karena dengan rancangan studi kasus akan mengungkap secara deskriptif semua fenomena, kejadian, masalah di suatu lokasi penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi (1) observasi, (2) wawancara, (3) dokumentasi. Adapun teknik untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan analisis domain dan analisis konten.


Kesimpulan penelitian ini adalah (1) grup musik campursari Sri Widodo Lokananta merupakan salah satu grup musik campursari yang masih eksis dan bertahan sampai sekarang. Hal ini tidak lepas dari keinginan grup musik campursari Sri Widodo Lokananta untuk melestarikan kebudayaan Jawa melalui musik campursari yang mereka mainkan. (2) manajemen pertunjukan grup musik campursari Sri Widodo Lokananta desa Sonoageng kecamatan Prambon kabupaten Nganjuk ini menggunakan prinsip organisasi dimana dalam setiap pertunjukannya pertama, pemimpin sekaligus manajer merencanakan program kerja yang akan dilaksanakan meliputi program kerja mingguan, program kerja bulanan, dan program kerja insidental. Kedua, membentuk tim koordinator pemain dan koordinator lapangan . Ketiga, melakukan penggerakan dengan pembagian kerja masing-masing bagian untuk melaksanakan instruksi dari masing-masing koordinator dan manajer. Kelima, melakukan pengawasan atau controlling terhadap masing-masing bagian. Keenam melakukan evaluasi terhadap setiap proses yang dilakukan.


 


Kata Kunci: Manajemen Pertunjukan, Campursari


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.