ARANSEMEN LAGU “I DON’T WANNA MISS A THING” OLEH GRUP BAND CAFE EVENING MELODY DI SURABAYA (TINJAUAN BENTUK LAGU DAN PROGRES AKORD)

FREDY ANUGERAH Y

Abstract


Abstrak


 


Hal yang menarik pada aransemen lagu I Don’t Wanna Miss a Thing adalah adanya perubahan yang dilakukan Evening Melody dari musik Rock menjadi jenis musik Pop Progress, yaitu salah satu style dalam genre musik Pop yang menggunakan irama dan ritme musik pop tetapi menggunakan tangga nada Jazz pada susunan akord.


 


Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana bentuk lagu I Dont Wanna Miss a Thing oleh band Evening Melody, (2) Bagaimana progress akord lagu I Don’t Wanna Miss a Thing oleh band Evening Melody. Tujuan ini pada umumnya untuk menganalisis lagu I Don’t Wanna Miss a Thing yang diaransemen oleh band Evening Melody.


 


Penelitian ini, menggunakan jenis penelitian kualitatif. Untuk mendapatkan informasi dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik, yaitu wawancara, observasi serta dokumentasi dan pendokumentasian. Analisis data menggunakan analisis data menurut Miles and Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikkan kesimpulan. Untuk mendapatan kevalidan data menggunakan triangulasi, yaitu triangulasi sumber serta triangulasi metode atau teknik.


Lagu I Don’t Wanna Miss a Thing karya Aerosmith yang diaransemen ulang oleh Yanuar Adi Prakoso (Evening Melody) merupakan lagu bergenre Slow Rock dan digubah atau diaransemen khususnya pada sisi harmoninya menjadi Pop Progress yang mudah dicerna (easy listening) dan sedikit merubah plot atau urutan struktur lagu sehingga berpengaruh pada berubahnya bentuk lagu asli


 


Kata Kunci : Aransemen lagu, Grup band cafe, bentuk lagu, progres akord


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.