KAJIAN POLA RITME DRUM DAN MAKNA SYAIRDALAM LAGU “ LOYALITAS BUDAK TIRANI KARYAGRUP BAND HOMICIDE REMAINS (UNDERGROUND) DI LAMONGAN

OBING ANGGRAIWAN

Abstract


Abstrak



Musik dewasa ini telah membuka wacana bagi penikmat musik karena musik dapat berkembang dari yang sederhana sampai kepada bentuk yang termodern, baik ditinjau dari segi alat music, penampilan dan pemainnya. Perkembangan music tersebut juga ditandai dengan munculnya berbagai macam aliran-aliran musik di Indonesia, khususnya Lamongan. Salah satunya adalah aliran musik Black Metal (Underground). Aliran musik Black metal (Underground) mempunyai ciri khas permainan music yang keras tetapi juga dapat menghasilkan rasa emosi yang mengalun dalam alunan distorsi dan ritme, salah satu Grup band yang beraliran Black Metal (Underground) adalah grup band Homicide Remains yang berasal dari Lamongan. Grup band Homicide Remains termasuk salah satu grup band yang beraliran Black Metal (Underground) di Lamongan yang keberadaannya tidak bisa diragukan lagi, berbagai acara pertunjukan musik, baik sebagai band undangan maupun sebagai band bintang tamu telah diikuti oleh grup band ini.
Berdasarkan uraian diatas, permasalahan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1). Bagaimana Pola Ritme Drum dalam lagu “ Loyalitas Budak Tirani “?, (2). Bagaimana makna yang terkandung dalam lagu “ Loyalitas Budak Tirani “?
Adapun tujuan penelitian ini adalah (1). Edeskripsikan pola ritme drum dalam lagu “Loyalitas Budak Tirani”, (2). Mendeskripsikan makna syair yang terkandung dalam lagu “ Loyalitas Budak Tiani “.
2
Penelitan ini merupakan penelitian eskriptif kualitatif, yang menggunakan sumber data, yakni lagu “Loyalitas Budak Tirani” karya Grup band Homicicde Remains dalam album indie label keduayang bertitel “ Loyalitas Budak Tirani yang direkam di studio Infinium dan diproduksi oleh
Lagu “ Loyalitas Budak Tirani “ mempunyai makna dan psan yang mendalam, baik bagi pencipta maupun para penikmatnya (pendengar), dengan pengungkapan ekspresi yang keras dan sulit dinikmati yang memang sudah menjadi karakteristik grup band Homicide Remains itu sendiri karena disampaikan dengan suara yang khas yang disertai teknik scream vocal (raungan). Walaupun begitu, Grup band Homicide Remains telah memiliki penggemar fanatik yang selalu ada dalam setiap event-event yang menghadirkan Grup Band Homicide Remains (Underground).
Kesimpulan berdasarka penelitian ini, dapat dikatakan bahwa Lagu”Loyalitas Budak Tirani” mempunyai makna dan pesan yang mendalam, baik bagi para pencipta maupun pendengar atau penikmatnya, yakni Loyalitas Budak Tirani adalah sebuah pengabdian seorang rakyat yang mau tidak mau harus menjalani sebuah sistem pemerintahan yang seolah-olah menganut sistem tirani yakni kesewenang-wenangan seorang pemimpin dan rakyat dmaknai atau diposisikan sebagai seorang budak. Melalui lagu “Loyalitas Budak Tirani” ini, Grup band Homicide Remains berpesan bahwa kita tidak boleh diam dengan sebuah keburukan, sekalipun kita tidak memiliki kekuatan besar untuk mengubah sebuah sistem negara, kita sebagai rakyat harus berani menyuarakan kebenaran meski harus berupa tulisan atau kritikan. Pola ritme drum lagu “ Loyalitas Budak Tirani “ didominasi oleh notasi 1/16 yang dimainkan dalam tempo 160 dalam irama 4/4 yang dikemas menjadi satu lagu dengan pola ritme triplet dan kwartol.
Grup band Homicide Remains merupakan kelompok musik Indie Label dari Surabaya yang mempunyai aliran musik Black metal (Underground) yang keberadaannya tidak diragukan lagi, berbagai event pertunjukan musik di berbagai kota telah diikutinya, baik sebagai band undangan maupun sebagai band bintang tamu. Grup band ini juga mempunyai penggemar fanatik aatau komunitas pendukung yang selalu ada dalam setiap event pertunjukan musik yang menghadirkan Grup band Homicide Remains.

Kata Kunci : Grup Homicide, Pola Ritme Drum, Makna Syair.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.