LAGU HAI BECAK KARYA SARIDJAH NIUNG ARRANSEMEN MUSAFIR ISFANHARI (Tinjauan Arransemen Paduan Suara)

Marindah Permata Wn

Abstract


Abstrak


         Lagu Hai Becak Oleh Musafir merupakan lagu anak-anak yang sangat umum di kalangan anak-anak. Namun di era modernisasi ini lagu anak-anak mulai pudar di telinga anak-anak karena munculnya lagu-lagu pop baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Musafir Isfanhari merupakan seorang tokoh masyarakat yang namanya tidak asing lagi didengar di telinga masyarakat lokal (Surabaya) dikenal hebat dalam mengarransemen lagu terutama lagu yang diperuntukkan untuk paduan suara. Arransemen lagu yang telah digarap oleh beliau salah satunya adalah Hai Becak karya Saridjah Niung atau biasa dikenal dengan Ibu Soed. Dalam mengarransemen paduan suara pada lagu hai becak Musafir Isfanhari menggunakan beberapa teknik. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui bentuk lagu Hai Becak arransemen Musafir Isfanhari 2) mengetahui arransemen Lagu Hai Becak oleh Musafir Isfanhari.


           Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan mengamati mengarransemen  lagu Hai Becak oleh Musafir Isfanhari, dari memvariasikan suara, nada-nada yang berlawanan dan lain-lain. Teknik pengumpulan data ini berdasarkan wawancara semi terstruktur untuk memecahkan permasalahan atau peristiwa yang diketahui hingga dukungan data dokumentasi serta catatan lapangan dari hasil wawancara.


     Berdasarkan tinjauan arransemen paduan suara yang ada pada lagu Hai Becak oleh Musafir Isfanhari, Teori buku Ilmu Harmoni, Arranging Popular Music A Practical Guide Guia Practica Para Arreglos De La Musica Populer dan The Complete Idiots Guide to Arranging and Orchestration sangat tepat dalam pembahasan Lagu Hai becak karya Saridjah Niung (Ibu Soed) oleh Musafir Isfanhari tinjauan arransemen paduan suara.


     Mulai dari  (1). Rhytem filler (2). Dead spot filler (3). Variation and fake variation (4). Variasi jarak suara (5). Variasi jumlah suara (6) variasi cara suara yang digunakan. Dalam  membuat suatu arransemen paduan suara yang harmonis dan tidak menimbulkan kebosanan karena nuansa yang seragam maka  Musafir Isfanhari memberikan Five Variation yaitu dengan mengggunakan Lima variasi pada Lagu Hai Becak  agar menciptakan banyak variasi dan keharmonisasian dalam arransemen paduan suara (Sopran, Alto, Tenor, Bass) dan dengan  tidak menghilangkan atau merubah melodi lagu aslinya.


 


Kata kunci : Lagu Hai Becak, Arransemen, Paduan Suara


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.