SUDARSONO SEBAGAI SEORANG PENGEMBANG SENI TARI DI KABUPATEN BANGKALAN

R.AJ EKITA N

Abstract


ABSTRAK


Sudarsono adalah salah satu seniman Bangkalan yang belajar seni secara otodidak, tetapi masih produktif dalam mengembangkan seni tari. Sudarsono sangat berdedikasi dan berkontribusi dalam menghidupkan seni tari tradisi di Bangkalan. Hingga saat ini, pencatatan kesenimanan Sudarsono belum pernah dilakukan. Adapun rumusan masalah yang diajukan yaitu: (1) Bagaimana latar belakang kehidupan Sudarsono sebagai seorang seniman tari di Bangkalan, (2) Bagaimana konsep pengembangan dan pandangan Sudarsono terhadap dunia seni tari. Hasil peneliti diharapkan dapat bermanfaat bagi peneliti untuk menambah wawasan, bagi Prodi Sendratasik Unesa dapat menambah referensi kepustakaan, serta masyarakat Bangkalan dapat mengenal Sudarsono dan kiprahnya di kesenian.


                Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi tokoh. Sumber data diperoleh dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan pendekatan studi pustaka, observasi, wawancara serta dokumentasi. Validitas data dilakukan melalui triangulasi sumber, metode dan peneliti lain. Analisis data melalui langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.


Sudarsono hidup dalam latar belakang keluarga seniman. Kualitas berkarya Sudarsono telah diakui masyarakat melalui bukti prestasi kesenimanannya, hingga kini dapat menciptakan gaya dalam berkarya tari. Secara kuantitas, Sudarsono mampu menjadi seniman yang masih produktif menambah jumlah karyanya setiap tahun, hal itu dilakukan dengan upaya persebaran pengenalan karya.


Sudarsono memiliki gaya berupa egol, yang menjadikan ciri khas tersendiri untuk setiap karyanya, sehingga mampu membuat karyanya tampak berbeda dengan karya tari Madura di wilayah lain. Sampai saat ini telah tercipta sebanyak 64 karya tari miliknya. Akan tetapi dari seluruh karyanya masih belum mendapatkan hak paten.


Kata Kunci: Seniman Bangkalan, Sudarsono


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.