PENGIBARAN BENDERA MERAH PUTIH OLEH PEMUDA DISEPANJANG JALAN KEMBANG JEPUN SURABAYA PASCA PROKLAMASI TAHUN 1945

Nuhairul Hikam

Abstract


Zaman kolonial Belanda Surabaya telah berkembang pesat sebagai kota dagang dan indutri. Bukan hanya itu saja Surabaya juga dijadikan sebagai pangkalan utama angkatan laut Belanda. Setelah kekuasaan Berakhir dan digantikan Jepang yang kemudian membawa babak baru bagi kehidupan rakyat Indonesia terutama masyarakat Surabaya. banyak rakyat yang menderita karena tindakan pemerintahan Jepang, Penderitaan ini yang membuat rakyat bersatu menginginkan kemerdekaan. Bulan Agustus 1945 setalah berita kekalahan Jepang tersebar oleh rakyat Surabaya, banyak terjadi peristiwa seperti adanya penyerbuan terhadap tentara Jepang untuk merampas senjata mereka, dan kemudian disusul setelah proklamsi terjadi  aksi pengibaran bendera merah putih di Surabaya. aksi ini dilakukan di beberapa daerah Surabaya seperti di Jalan  Kembang Jepun, Jalan Kampemen, daerah Ngagel.


Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini diantaranya (1) Mengapa Kembang Jepun dianggap penting sebagai target pengibaran bendera merah putih. (2) Bagaimana peran pemuda dalam pengibaran bendera merah putih di sepanjang jalan Kembang Jepun Surabaya pada tahun 1945. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian sejarah yang terdiri dari heoristik,kritik, interpretasi, dan historiografi. untuk memperoleh hasil yang maksimal dalam penelitian ini maka peneliti menggunakan beberapa sumber primer seperti arsip dokumen Riwayat kesaksian Hsjim Amin pelaku pengibaran bendera merah putih di Kembang Jepun Surabaya, arsip dokumen Riwayat kesaksian Abdul Wahab pelaku pengibaran bendera merah putih di Kembang Jepun Surabaya, dan wawancara dengan beberapa pelaku atau saksi dari periswa. Selain itu juga dibantu dengan buku-buku yang berkaitan pengibaran bendera merah putih oleh pemuda di Kembang Jepun.


Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kembang Jepun dinggap penting sebagai lokasi pengibaran bendera merah putih karena Sebelumnya aksi ini diprioritas utamakan daerah yang terdapat bangunan-bangunan besar dan juga tempat penting lainnya. Diantara daerah-daerah yang terdapat di Surabaya Kembang Jepun merupakan salah satu tempat yang dijadikan sebagai lokasi pengibaran bendera merah putih. Karena lokasi Kembang Jepun pada saat itu merupakan lokasi yang sangat di padati oleh para pedagang dan ditempat tersebut juga terdapat banyak bangunan besar dan toko-toko besar.


Peran pemuda dalam mengibarkan bendera merah putih di sepanjang jalan Kembang Jepun. Aksi ini merupakan wujud dari rasa Nasionalisme rakyat indonesia khususnya pemuda Surabaya untuk menunjukkan kepada semua orang bahwa Indonesia telah merdeka. Selain itu pengibaran bendera merah putih juga merupakan bentuk penolakan larangan menggunakan bendera merah putih yang sudah berlaku sejak 1942.  Bagi rakyat Surabaya terutama para pemuda penggunaan bendera merah putih merupakan simbol terpenting bagi mereka, karena para pemuda menganggap bendera merah putih sangat sakral, sehingga mereka berjuang membelanya agar sang merah putih bisa berkibar.


 


Kata Kunci: Kembang Jepun, pemuda, bendera merah putih 


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.