PERKEMBANGAN MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH DI LAMONGAN TAHUN 1979-1984

NUR INDAH DIHAYATI

Abstract


Madrasah Aliyah Muhammadiyah merupakan jenjang Pendidikan Menengah Keatas yang dibawah lembaga organisasi Muhammadiyah. Muhammadiyah sendiri mendirikan lembaga Pendidikan pada awalnya bertujuan untuk mengusir para penjajah yang menguasi Negara Republik Indonesia, karena melawan penjajah tidak hanya menggunakan otot maupun senjata namun kepintaran juga diperlukan. Dalam pemilihan topik ini bertujuan untuk mengembangkan pendidikan Muhammadiyah khususnya di Lamongan pada tahun 1979-1984, yang mana pendidikan Muhammadiyah di Lamongan pada tahun 1979-1984 merupakan pendidikan yang berkembang pertama kali dengan mata pelajaran berbasis keagmaan yang juga diajarkan tentang pelajaran umumnya juga. Tidak hanya itu alasan dalam pemilihan topik ini juga bertujuan untuk memberi gambaran pembaca bahwa pendidikan Muhammadiyah di Lamongan pada tahun 1979-1984 merupakan pendidikan yang sudah berkembang dan memiliki respon yang baik, sehingga pembaca bisa sadar bahwa pendidikan Muhammadiyah juga memiliki potensi yang baik dalam kemajuan pendidikan.


Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana latar belakang pergantian nama PGA menjadi sekolah madrasah Aliyah Muhammadiyah, (2) Bagaimana perkembangan sekolah Madrasah Aliyah Muhammadiyah di Lamongan tahun 1979-1984, dan (3) Bagaimana kontribusi perkembangan sekolah Madrasah Aliyah Muhammadiyah terhadap pendidikam di masyarakat Lamongan tahun 1979-1984. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian sejarah, yang memiliki beberapa tahapan yaitu : Heuristik, kritik sumber, Interpretasi, Historiografi. Manfaat penelitian dalam penelitian ini adalah untuk menambah khasanah kajian ilmiah terutama dalam pembelajaran sejarah pendidikan yang memberikan pengaruh terhadap pengetahauan umum maupun keagamaan.


Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa pergantian nama PGA (Pendidikan Guru Agama ) menjadi Madrasah Aliyah Muhammadiyah dikarenakan program pemerintah yang menginginkan kemajukan pendidikan di Indonesia yang semakin maju, dan juga mengalami kelemahan dari segi pendidikannya dianggap tidak mampu lagi dalam melahirkan tenaga guru yang professional yang di sebabkan faktor umur mereka yang masih kecil dan dianggap masih belum mampu menjadi sosok seorang guru yang diharapkan, sehingga dalam sistem pengajaran mengalami kemunduran dalam progres yang ingin dicapai setiap lembaga pendidikan. Dalam pergantian nama ini sehingga lembaga pendidikan Madrasah Aliyah Muhammadiyah di Lamongan mengalami kemajuan dan perkembangan yang sangat pesat. Dimana setiap lembaga pendidikan Muhammadiyah menggunakan pedoman-pedoman pengajaran maupun kurikulum yang telah diberlakukan oleh pemerintahan dengan begitu madrasah Aliyah Muhammadiyah di Lamongan menghasilkan peserta didik  yang  cakap akan semua aspek yang telah diajarkan dan siap menjalani kehidupan di masyarakat. Dalam hal ini kontribusi yang dilakukan oleh Madrasah Aliyah terhadap pendidikan di Masyarakat Lamongan mebawakan hasil yang sangatbaik, yang mana masyarakat Lamongan lebih memahami lagi tentang pengetahuan-pengetahuan keagamaan maupun umumnya, yang sebelumnya mereka belum mengerti sehingga mereka mengerti berkat pendidikan Muhammadiyah yang berlangsung di Lamongan.


 


Kata Kunci : Madrasah Aliyah, Muhammadiyah, Lamongan, perkembangan  


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.