KEPAHLAWANAN DARMOSOEGONDO DALAM MEMPERTAHANKAN KEDAULATAN INDONESIA TAHUN 1945-1958

RIO WILLY BAGUS REINALDY

Abstract


Indonesia memprokalmasikan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945. Kemerdekaan yang didapat dengan cara yang tidak mudah. Membutuhkan perjuangan dari setiap elemen bangsa. Kedatangan Tentara Sekutu semakin menambah parah kondisi Indonesia yang baru merdeka. Bermaksud melucuti tentara Jepang, namun pada akhirnya memunculkan niat untuk menguasai kembali Indonesia sebagai daerah jajahan. Atas dasar tersebut memunculkan sosok-sosok pejuang dari kalangan masyarakat. Bersatu dan mengkoordinir masa untuk mengusir Tentara Sekutu yang memiliki tujuan menjajah kembali. Terdapat banyak tokoh yang berjasa dalam mengusir Tentara Sekutu, namun hanya beberapa yang namanya dikenang sebagai sosok pahlawan.


Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini yaitu: (1) Mengapa Darmosoegondo layak disebut sebagai seorang pahlawan? dan (2) Bagaimana peran dan penerapan sikap kepahlawanan Darmosoegondo bagi Indonesia pada umumnya dan bagi Gresik pada khususnya? Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri dari empat tahapan yakni: heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi.


Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sosok Darmosegondo memiliki peran aktif dalam perjuangan mempertahankan kedaulatan Indonesia pada umumya dan Gresik (Kabupaten Surabaya) pada khusunya. Perjuangan yang dilakukan Darmosoegondo ketika mempertahankan kedaulatan Indonesia dari Tentara Sekutu maupun dari ancaman disintegrasi (pemberontakan) dalam negeri tidak langsung mengangkat namanya menjadi sosok besar dalam ketentaraan Indonesia. Tujuan utama Darmosoegondo dalam berjuang adalah memperoleh kemerdekaan yang sebenarnya, sehingga lebih penting baginya untuk mengangkat senjata dan terbebas dari penjajahan ketimbang jabatan atau pangkat dalam kemiliteran.


Penggunaan nama Darmosoegondo sebagai nama jalan didaerah perjuangannya memunculkan pertanyaan bagi sebagian warga sipil, dikarenakan kurangnya literasi dan keterangan mengenai sosok Darmosoegondo. Dampaknya, seorang warga yang tinggal di daerah Jombang bertanya tentang sosok Darmosoegondo melalui surat kabar Jawa POS bertanggal 27 Agustus 1995. Pertanyaan yang diajukan tersebut menunjukkan bahwa pentingnya penulisan literatur mengenai sosok-sosok pahlawan perjuangan, termasuk Darmosoegondo.


 


Kata Kunci : Darmosoegondo, Kepahlawanan, Kedaulatan Indonesia


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.