IMPLEMENTASI KEPMENPEN (Keputusan Menteri Penerangan) NO 111 TAHUN 1990 PADA PROGRAM HIBURAN STASIUN RAJAWALI CITRA TELEVISI (RCTI) TAHUN 1990-1998

Rina Nur Witasari

Abstract


Stasiun televisi pertama yang dimiliki Indonesia adalah stasiun televisi TVRI, merupakan saluran program acara milik pemeritah. RCTI adalah stasiun televisi milik swasta pertama di Indonesia. Berdirinya RCTI memberikan nuansa baru dalam program acara televisi, RCTI memberikan inovasi baru dalam menyuguhkan acara di televisi yakni melalui program hiburan yang ditayangkan.


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana latar belakang berdirinya stasiun televisi RCTI? (2) bagaimana latar belakang dikeluarkannya KEPMENPEN (Keputusan Menteri Penerangan) no 111 tahun 1990? (3) bagaimana stasiun televisi RCTI mengimplementasikan KEPMENPEN Keputusan Menteri Penerangan) no 111 tahun 1990?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan secara praktis terkait latar belakang dikeluarkanya KEPMENPEN (Keputusan Menteri Penerangan) no 111 tahun 1990 dan implementasi stasiun  televisi RCTI terhadap keluarnya Keputusan Menteri Penerangan no 111 tahun 1990. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan sejarah (historical approach) yang meliputi empat tahapan proses yakni, heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi.


Hasil dari penelitian menunjukkan latar belakang berdirinya stasiun televisi RCTI karena keluarnya keputusan menteri penerangan Nomor 190 A/KEP/MENPEN pada tahun 1987, RCTI berperan sebagai mitra TVRI untuk menyiarkan program acaranya dalam menyelaksanakan pembangunan nasional. 


Keluarnya Keputusan menteri penerangan no 111 tahun 1990 sebagai deregulasi penyiaran di Indonesia, berdasarkan adanya kebijakan open sky policy yang dikeluarkan pemerintah untuk berpartisipasi dalam menyelenggarakan free flow information (yakni globalisasi informasi) yang mulai berkembang di Indonesia.


mengimplentasikan Keputusan Menteri Penerangan no 111 tahun 1990 melalui program acara yang ditayangkan, yakni program acara untuk anak-anak, remaja dan usia dewasa.


 


Kata kunci : RCTI, Hiburan, KEPMENPEN


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.