PENGARUH METODE KOOPERATIF INDEX CARD MATCH DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-IIS DI SMA NEGERI 16 SURABAYA

ISABELA INE SAGITA

Abstract


Pendidikan merupakan aspek yang sangat penting bagi suatu negara. Karena pendidikan dapat menentukan moral suatu bangsa, perubahan dalam suatu perkembangan suatu negara. Tingkat kualitas suatu negara berasal dari Sumber Daya Manusia (SDM) yang telah ditentukan oleh baik tidaknya suatu pendidikan yang ada di suatu negara tersebut. Pendidikan yang baik adalah yang mampu meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia. Pada era globalisasi ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat tinggi, sehingga membuat adanya suatu perubahan dalam hal segala bidang. Salah satunya adalah pendidikan yang merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting bagi bangsa untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Sudah banyak persaingan pendidikan didunia untuk mendorong agar terjadinya suatu perubahan dalam sistem pendidikan nasional melalui kurikulum yang diterapkan.


Model pembelajaran kooperatif yang diterapkan dalam proses pembelajaran pada penelitian ini adalah tipe Index Card Match. Index Card Match merupakan model pembelajaran yang memiliki tujuan untuk melatih peserta didik agar lebih cermat dan lebih kuat dalam pemahamannya terhadap suatu materi pokok. Tidak hanya untuk mengembangkan dalam pemahaman pengetahuan saja, model pembelajaran Index Card Match dapat mempengaruhi sikap siswa dan keterampilannya.


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan sejauh mana metode Index Card Match dapat digunakan untuk mata pelajaran sejarah sehingga mata pelajaran sejarah tidak membosankan dan menyenangkan bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Index Card Match dalam pembelajaran sejarah. Untuk mengetahui hasil belajar setelah diterapkan metode Index Card Match dan pengaruh metode Index Card Match terhadap hasil belajar siswa kelas X IIS di SMAN 16 Surabaya.


Metode penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dengan metode penelitian Eksperimen. Metode penelitian eksperimen sebagai metode untuk mengetahui pengaruh metode kooperatif Index Card Match terhadap hasil belajar siswwa. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan field research (penelitian lapangan) yang memiliki tujuan untuk memecahkan masalah dalam pembelajaran sejarah.


Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan Pretest dan Postest ,Angket dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan tidak signifikan antara metode Kooperatif Index Card Match dengan Hasil Belajar , dimana thitung sebesar -1,276, sedangkan ttabel dengan taraf signifikansi 5% sebesar 1,589, jadi thitung lebih besar dari ttabel  (-1,276 <1,589 ). Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara prestasi belajar dengan kesadaran sejarah, dimana thitung sebesar 2,989, sedangkan ttabel  dengan pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,176, jadi thitung lebih besar dari ttabel (2,989 >1,589).


Berdasarkan dari uji t-test independent dengan menggunakan angket menunjukkan bahwa metode kooperatif Index Card Match memiliki pengaruh dalam pembelajaran sejarah hal ini dibuktikan dengan metode ini mampu mengembangkan keterampilan siswa, mampu membantu pemerataan partisipasi pada kelas dengan hasil prosentase 80% sampai dengan 88,8%. Sedangkan dalam hasil belajar ditunjukkan dalam aspek pengetahuan, aspek sikap dan aspek keterampilan dalam pembelajaran dimana hasil belajar dikelas Eksperimen yang menggunakan metode Index Card Match membawa perubahan kognitif bagi siswa yang dibuktikan dengan hasil nilai rata – rata postest dan pretest.


Hal ini dibuktikan dengan nilai rata – rata Pretest ,Postest dan Angket bahwa sebelum diterapkan metode Index Card Match tidak signifikan dari nilai Pretest kecil menjadi tinggi walaupun kenaikannya tidak terlalu besar. Kemudian dalam hasil Postest juga menunjukkan bahwa setelah diterapkan metode Index Card Match siswa dapat berfikir kritis misalnya ketika memecahkan suatu masalah dalam pembelajaran sejarah siswa dapat mencari sumber atau fakta sejarah dengan mencari di buku ataupun media yang lain. Sehingga membuat siswa untuk lebih berfikir kritis untuk menganalisis jawaban yang akan dipecahkan. Kemudian berdasarkan hasil Angket menunjukkan bahwa dalam metode Kooperatif  Index Card Match dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan siswa, misalnya ketika menyajikan hasil pembelajaran berupa bahan presentasi dan projek. Kemudian Index Card Match juga dapat melatih siswa untuk berpendapat, memberikan saran, keterbukaan dalam berdiskusi dan melatih siswa untuk memiliki rasa tanggung jawab.


Kata kunci : Metode Index Card Match, Hasil Belajar, Sejarah


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.