YAYASAN NURUL FALAH SURABAYA TAHUN 1993-2017 (Kajian Sejarah Pendidikan Al-Qur’an)

SUUD BUDI ARDIANSAH

Abstract


Yayasan Nurul Falah Surabaya merupakan salah satu lembaga dakwah yang mengembangkan pembelajaran Al-Qur’an. Yayasan Nurul Falah Surabaya didirikan atas dasar kepedulian terhadap perkembangan pembelajaran Al-Qur’an di Indonesia yang saat itu menurun, dan pada tahun 2001 melahirkan salah satu metode pembelajaran Al-Qur’an yaitu Tilawati.


Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu : (1) Bagaimana perkembangan Yayasan Nurul Falah Surabaya dalam bidang pendidikan tahun 1993 sampai 2017. (2) Bagaimana metode pembelajaran Al-Qur’an di Yayasan Nurul Falah Surabaya. (3) Bagaimana konstribusi Yayasan Nurul Falah Surabaya terhadap perkembangan pendidikan Al-Qur’an di Surabaya tahun 1993 sampai 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Historis (Sejarah), beberapa tahapannya yaitu : (1) Heuristik (Penelusuran Sumber), merupakan tahap awal penelitian berupa pengumpulan data berupa dokumen, pustaka, wawancara. (2) Kritik atau Verifikasi (Menguji Sumber), merupakan tahap mengkritik data dengan menyeleksi, menilai, memilah, dan menguji kredibilitas data yang telah didapat dengan membandingkan data satu dengan data yang lain. (3) Intepretasi atau Penafsiran (Menganalisis Fakta), pada tahap ini sumber yang telah melewati tahap kritik dianalisis dan disesuaikan dengan sumber buku untuk menjadi fakta sejarah. (4) Historiografi (Penulisan), merupakan tahap akhir dari penelitian berupa penulisan sejarah.


Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Yayasan Nurul Falah Surabaya mengalami perkembangannya setelah memfokuskan visi dan misinya pada tahun 2006, pemfokusan tersebut dari beberapa program atau kegiatan menjadi satu program berupa pendidikan Al-Qur’an yang menghasilkan , (2) Yayasan Nurul Falah Surabaya memiliki metode pembelajaran Al-Qur’an Tilawati yang disusun pada tahun 2000, menggunakan pendekatan “Pembiasaan” melalui klasikal dan “Kebenaran Membaca” melalui “Individual” menggunakan tehnik “Baca Simak”, (3) Yayasan Nurul Falah Surabaya memiliki kontribusi yang cukup besar dalam meningkatkan pembelajaran Al-Qur’an di Surabaya, terbukti dengan beberapa program yang dimiliki Yayasan Nurul Falah Surabaya untuk meningkatkan pembelajaran seperti BBAQ, Standarisasi (Diklat Guru Al-Qur’an Metode Tilawati), TOT (Training Of Trainer), Tahsin, Tilawah, dan Tahfiz Anak.


 


Kata Kunci : Sejarah, Pendidikan Al-Qur’an, Yayasan Nurul Falah Surabaya.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.