PERKEMBANGAN SENI PERTUNJUKAN LUDRUK DI SURABAYA TAHUN 1980-1995 (TINJAUAN HISTORIS GRUP KARTOLO CS)

FUJI RAHAYU

Abstract


ABSTRAK


                Kesenian lokal ludruk saat ini sudah semakin menurun pamornya. Kreativitas Grup ludruk Kartolo Cs tetap eksis mempertahankan Kidungan jula-juli. Kidungan grup ini diadopsi dari ungkapan-ungkapan canda dalam pergaulan sehari-hari masyarakat Jawa Timur khususnya Surabaya. Kartolo merupakan tokoh sentral penggerak seluruh alur pementasan. Kartolo merupakan ikon seni dan lawak tradisional Jawa Timur yang tetap dirindukan, ketika hiburan modern masuk dalam berbagai media. Seniman ludruk tradisional di Surabaya yang dikenal luas di Jawa Timur ini konsisten menjalani profesinya. Dengan lawakan khasnya, Kartolo tidak sekadar menghibur penonton, tapi juga menjadi media pengantar pesan moral.


                Latar belakang masalah diatas menghasilkan rumusan masalah 1) Bagaimana Perkembangan Ludruk di Surabaya sampai tahun 1995; 2) Bagaimana Karakteristik Grup Kartolo Cs; 3) Bagaimana Eksistensi Kartolo dalam mengembangkan grup Kartolo Cs tahun 1980-1995. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian sejarah. Langkah di metode penelitian ini adalah heuristik yaitu pengumpulan sumber-sumber, kritik yaitu tahap untuk memilih sumber-sumber, interpretasi yaitu tahap untuk mencari dan menyesuaikan fakta-fakta sesuai tema,  historiografi yaitu tahap penulisan  kronologis sesuai fakta dan tema penelitian.


                Ludruk identik dengan kesenian Surabaya, padahal asal mula kesenian ini  berasal dari Jombang. Ludruk berkembang di wilayah budaya Arek, yakni Surabaya. Era tahun 1960-an dan 1980-an, kesenian tradisional masih berjaya. Kehadiran Kartolo memberi kontribusi positif dalam menjaga dan melestarikan kesenian ludruk di Jawa Timur, terutama dalam melestarikan kidungan gaya Suroboyoan.


                Kreativitas Kartolo dan kawan-kawan menampilkan lawak bergaya ludrukan mampu mengangkat kembali pamor ludruk. Kartolo merupakan sosok yang istimewa karena dapat mempertahankan Kidungan Jula-juli. Karya-karya Kartolo dapat dinikmati penggemarnya melalui kaset-kaset yang dikeluarkan Kartolo Cs dibawah naungan Nirwana Record. Eksistensi Cak Kartolo bersama grup Kartolo Cs yang berdiri pada tahun 1980 tidak hanya menempatkan sosok Kartolo sebagai seniman penuh kharisma di hadapan penggemarnya yang ada di seluruh Jawa Timur dan di luar Jawa Timur, Kartolo  mampu mengkolaborasikan kidungan dengan jenis musik dangdut dan jazz. Bahasa yang lugas membuat lawakan Kartolo menjadi jawara Kidungan Jula Juli Guyonan (tembang pantun khas Surabaya).


Kata kunci: Ludruk, Grup Kartolo Cs, Eksistensi


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.