KARIER BERMUSIK A. MALIK BZ SEBAGAI KOMPOSER DI PANGGUNG LAGU-LAGU MELAYU 1960-2011

HAMIDAH

Abstract


Abstrak


A.Malik BZ merupakan komposer yang mampu menginspirasi dan mendedikasikan hidupnya untuk musik. Komposer yang berasal dari Surabaya, sangat populer dengan lagu-lagu melayu. A. Malik Bz terkenal dengan lagu-lagu yang bernuansa religi, karena A. Malik Bz merupakan keturunan Arab sehingga lagu-lagu ciptaannya mengarah pada musik Timur Tengah. Karya-karya A. Malik Bz sampai sekarang masih dikenang oleh para generasi muda Indonesia. Lagu-lagu hasil karya A. Malik Bz tidak hanya betema religi, tetapi bertemakan perasaan cinta dan keadaan sosial yang terjadi dalam kehidupan nyata seperti, Kisah Nan Lalu, Keagungan Tuhan, Renungan Budjang, Bercerai Kasih dan Reog Ponorogo.


Penelitian didasarkan pada masalah pengkajian meliputi (1) latar belakang riwayat kehidupan A. Malik Bz dan (2) peran A. Malik Bz dalam perkembangan orkes melayu di Surabaya. Penulisan menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri heuristik, kritik, intepretasi, dan historiografi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara terhadap narasumber yang terkait yaitu anak kandung A. Malik Bz yaitu Azhar Malik dan Amru Malik, serta sahabat A. Malik Bz yaitu Ida Laila personel dari O.M Sinar Kemala.


Hasil penelitian ditemukan A. Malik Bz lahir di Tuban 31 Desember 1941, terlahir sebagai anak ke enam dari tujuh saudara. Ayah dan Ibu A. Malik Bz bernama Oemar Buzaid dan Aisyah. A. Malik Bz sangat menyukai musik mulai umur 10 tahun, riwayat pendidikannya ditempuh mulai SDN hingga SMA , serta belajar kursus dengan orang Belanda. Perkembangan musik di Surabaya pada tahun 1960-1980 terdapat beberapa aliran seperti, Rock n Roll, Keroncong, Jazz, Gambus dan Melayu. Perkembangan musik “Rock n Roll” yang mengarah grup barat “The Beatles” mengakibatkan terjadi pelarangan musik barat di Surabaya yang disebut musik “Ngak-Ngik-Ngok”. Kiprah A. Malik Bz Malik Bz sebagai komposer orkes melayu, perjalanan karier yang sangat panjang didunia musik. Musik bagi A. Malik Bz sebagai cetusan jiwa, kejadian yang dialami bisa dijadikan sumber inspirasi untuk bahan lagu-lagu A. Malik Bz ciptakan. A. Malik Bz merupakan salah satu personel O.M. Sinar Kemala pimpinan A. Kadir, A. Malik Bz banyak menciptakan lagu. Salah satu lagu yang hits yaitu “ Keagungan Tuhan”, ciptaan A. Malik Bz yang dinyanyikan oleh Ida Laila. A. Malik Bz komposer melayu yang sangat berpengaruh di industri musik, sehingga banyak mendapat penghargaan diberbagai acara. Salah satu penghargaan yang diraih dari Menteri Kebudayaan Belia dan Sukan Brunei Darussalam pada tahun 1994.


 Kata Kunci: Karier Bermusik, A. Malik Bz, dan Komposer Lagu-lagu Melayu


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.