Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi dengan Media Audio Visual Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Nganjuk Tahun Pembelajaran 2016/2017

ARIESKA WIDIYANTI

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik bermedia audio visual. Dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif.  Berdasarkan hal tersebut, diharapkan dapat dideskripsikan: (1) proses penerapan pendekatan Saintifik dalam pembelajaran menulis teks eksposisi dengan media audio visual di kelas X KU-3 SMK Negeri 2 Nganjuk tahun pembelajaran 2016/2017; (a) aktivitas siswa pada pendekatan Saintifik dalam pembelajaran menulis teks eksposisi dengan media audio visual di kelas X KU-3 SMK Negeri 2 Nganjuk tahun pembelajaran 2016/2017; (b) aktivitas guru pada pendekatan Saintifik dalam pembelajaran menulis teks eksposisi dengan media audio visual di kelas X KU-3 SMK Negeri 2 Nganjuk tahun pembelajaran 2016/2017; (2) hasil belajar siswa pada pendekatan Saintifik dalam pembelajaran menulis teks eksposisi dengan media audio visual di kelas X KU-3 SMK Negeri 2 Nganjuk tahun pembelajaran 2016/2017; (3) respon siswa pada pendekatan Saintifik dalam pembelajaran menulis teks eksposisi dengan media audio visual di kelas X KU-3 SMK Negeri 2 Nganjuk tahun pembelajaran 2016/2017.


Proses belajar mengajar berlangsung dengan lancar. Media yang digunakan menarik minat siswa untuk membaca. Siswa sangat memperhatikan setiap penjelasan guru dan mengerjakan tugas dengan baik. Selain itu juga terbukti pada nilai siswa kelas X KU-3 yang semakin naik. Uji signifikan hasil belajar siswa adalah harga t0 = 4,44 db = 70, selanjutnya dengan melihat tabel t diketahui t pada ts00,5 (tₒ,95/ taraf 5%) = 1,66  (1,66 < 4,44). Harga t0 signifikan, membuktikan eksperimen penerapan model pembelajaran dengan pendekatan saintifik bermedia audio visual mempunyai pengaruh karena dapat membantu siswa kelas X KU-3 SMK Negeri 2 Nganjuk dalam pembelajaran menulis teks eksposisi. Berdasarkan data respon siswa, juga dapat diambil kesimpulan bahwa kegiatan menulis teks eksposisi model pembelajaran dengan pendekatan saintifik bermedia audio visual dapat diterima oleh siswa kelas X KU-3 SMK Negeri 2 Nganjuk secara positif. Hal ini terbukti dengan jawaban respon siswa yang mayoritas setuju dengan persentase 88,88%. 


Kata Kunci: Teks Eksposisi, pendekatan saintifik, media audio visual


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.