PERSUASI DALAM WACANA NEGOSIASI SEKS KAUM GAY: KAJIAN PRAGMATIK FUNGSIONAL

RENDHA RISKIARTISTA

Abstract


Persuasi merupakan pemberian informasi dengan maksud mengarahkan pemakai (orang yang menerima) untuk mengubah gambaran atau pesan yang nantinya akan mengubah tingkah lakunya. Penelitian ini berfokus pada (1) bentuk persuasi, (2) teknik persuasi, (3) fungsi persuasi, dan (4) reaksi verbal. Tujuan penelitian ini untuk menemukan (1) bentuk persuasi, (2) teknik persuasi, (3) fungsi persuasi, dan (4) reaksi verbal. Penelitian ini bersifat deksriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan metode simak bebas libat cakap dan dokumentatif sedangkan analisis data menggunakan metode rekonstruksi dari kajian pragmatik fungsional. Hasil penelitian pada (1) bentuk persuasi yang ditemukan berupa tiga jenis bentuk, yaitu (a) bentuk direktif, (b) bentuk deklarasi, dan (c) bentuk interogatif; (2) Teknik persuasi berupa, (a) teknik asosiasi, (b) teknik ganjaran, (c) teknik sugesti, (d) teknik rasionalisasi, (e) teknik taatan, dan (f) teknik konformitas; (3) fungsi persuasi, berupa (a) fungsi mengubah sikap, kepercayaan seseorang dan (b) menggerakkan seseorang untuk melakukan sesuatu; (4) reaksi yang ditemukan ada dua, (a) reaksi verbal dan (b) reaksi zero. Berdasarkan diskusi hasil penelitian, kalimat direktif yang dituturkan secara langsung memiliki teknik persuasi dan fungsi persuasi.


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.