Hegemoni Terhadap Tokoh Raib dalam Novel Bumi Karya Tere Liye (Kajian Hegemoni Gramsci)

RENDRA ALIF UTAMA

Abstract


 


Novel karya Tere Liye ini mengandung banyak unsur hegemoni yang patut untuk diteliti. Mengambil dari cerita kehidupan sehari-hari  yang sarat akan hubungan antar individu. Tujuan dari penelitian ini yakni menjabarkan unsur-unsur hegemoni terhadap tokoh Raib  yang terdapat dalam novel tersebut seperti bentuk hegemoni, tingkatan hegemoni, dan dampak hegemoni yang terjadi. Sehingga nantinya melalui penulisan skripsi ini akan diketahui berbagai bentuk, tingkatan, dan penyebab hegemoni yang dirasakan oleh tokoh Raib.


Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Objek kajian yang berupa novel  akan diambil beberapa data yang berkaitan dengan rumusan masalah yang ada. Selanjutkan akan dibuat korpus data sesuai kategori penelitian. Data yang telah didapat selanjutnya dikaji berdasarkan teori yang telah dicantumkan. Selanjutnya hasil akan dijabarkan dalam pembahasan.


Dari penelitian yang dilakukan dapat diambil beberapa kesimpulan bahwa hegemoni yang terdapat dalam novel bumi terbagi menjadi 3 bagian, yakni bentuk hegemoni, tingkatan hegemoni, dan dampakhegemoni. Bentuk hegemoni yang dilakukan berupa nasihat, ajaran baik, penanaman kebiasaan baik, pelarangan, kedisiplinan, ajaran saling menolong, dan perintah.. Tingkatan yang terjadi dibagi menjadi tiga, yakni tingkatan hegemoni integral atau total, hegemoni merosot, dan hegemoni minimum. , lalu dampak dari hegemoni dari masing-masing tokoh kepada Raib dalam novel Bumi karya Tere Liye juga berbeda-beda. Mulai dari aspek kultural, ekonomi, politik, dan ideologi.


 


Kata Kunci: Hegemoni, Gramsci, Tingkatan, Bentuk


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.