PENGEMBANGAN MODUL TATA BAHASA INDONESIA BERBASIS E-LEARNING UNTUK MAHASISWA BIPA TINGKAT PEMULA

HIDA RIZKIYATUL ULA

Abstract


Pada mahasiswa BIPA sangat jarang ditemukan bahan ajar yang dapat menunjang pembelajaraan. Begitu pula tidak terjangkaunya kelas pembelajaran disebabkan oleh permasalahan jarak. Sehingga modul berbasis e-learning merupakan jawaban dari permasalahan jarak pada pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul tata bahasa Indonesia untuk BIPA tingkat pemula yang dirinci menjadi pendeskripsian pengembangan modul dan pendeskripsian kualitas modul yang didasarkan pada produk dan pengguna. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dan produk yang dikembangkan berupa modul tata bahasa Indonesia berbasis e-learning untuk mahaasiswa BIPA tingkat pemula. Model pengembangan ini menggunakan model Four D Model (define, design, develop, disseminate) yang dikembangan oleh Thiagarajan, namun penelitian ini hanya sampai tahap pengembangan saja. Hasil penelitian ini adalah pengembangan modul tata bahasa untuk BIPA tingkat pemula. Penulisan dan penyusunan modul ini berdasarkan pada kurikulum BPKLN (Biro Perencanaan Kerjasama Luar Negeri) dan saran dari validator. Penilaian presentase pada penelitian ini mengadaptasi interval presentase Ratumanan (2011:34). Hasil rekapitulasi rata-rata kualitas modul uji I pada skor 3,5, uji II pada skor 4,2, dan rata-rata 3,9. Dapat dikatakan kualitas modul Baik. Respon dosen pada modul pada skor rata-rata 4,2 yang dapat dikatakan Baik. Aktivitas dan respon mahasiswa uji coba I pada skor 4,3, uji coba II pada skor 4,8, dan rata-rata 4,5 dalam hal ini aktivitas/respon mahasiswa dapat dikatakan sangat baik. Hasil belajar uji coba I dan uji coba II pada rumus t (test) pada skor 4,5 dan dapat dikatakan signifikan. Dari uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa modul tata bahasa Indonesia tersebut layak digunakan


Kata Kunci: modul, tata bahasa, e-learning.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.