PROFIL   MISKONSEPSI SISWA  PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS XI SMA

ROSYIDATUL AUWALIYAH

Abstract


Miskonsepsi merupakan kesalahpahaman konsep yang dialami oleh siswa. Penguasaan konsep  yang salah dapat mengakibatkan miskonsepsi. Materi Sistem Pencernaan  merupakan materi yang dapat memicu terjadinya miskonsepsi pada siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan profil miskonsepsi yang terdapat di SMAN 2 Sidoarjo dan SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo serta mendeskripsikan faktor terjadinya miskonsepsi. Jenis penelitian ini deskriptif evaluativ menggunakan instrumen Certainty Response Index (CRI) dan wawancara. Penilitian dilakukan pada bulan januari - Maret 2017. Sasaran penelitian ini adalah 30 siswa  kelas XI MIA SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo dan SMAN 2 Sidoarjo, guru mata pelajaran biologi serta bahan ajar yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil miskonsepsi tergolong sedang yaitu dengan. persentase  sebesar 46%, persentase siswa menebak sebesar 2.72%, tidak paham konsep sebesar 5%, paham konsep sebesar 43.10%. Faktor Penyebab miskonsepsi berasal  dari siswa,guru, buku teks  dan strategi pembelajaran guru


Kata Kunci               : Miskonsepsi, Materi Sistem Pencernaan, Certainty Of  Response Index (CRI)    


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.