PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PORTOFOLIO PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS XI SMA

Erma Sukmawati, Raharjo Raharjo, Erlix Rakhmad Purnama

Abstract


Penilaian yang sesuai tuntutan Kurikulum 2013 adalah penilaian autentik pada siswa, salah satunya adalah penilaian portofolio, Guru kesulitan membuat instrumen penilaian portofolio. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian portofolio dengan memberikan tugas-tugas dan melihat perkembangan tugas yang dibuat siswa pada laporan praktikum uji urin dan artikel gangguan kesehatan dan pola hidup sehat. Penelitian ini menggunakan model Research dan Development yang mengacu pada model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analysis (analisis), Design (perancangan), Develop (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli – Agustus 2017. Intrumen penilaian portofolio pada laporan dan artikel yang dikembangkan telah divalidasi dinyatakan valid. Perolehan Data laporan dan artikel di Analisis melalui validitas empiris menggunakan Korelasi Pearson (r ≥ 0,444), Reliabilitas menggunakan Alpha – Cronbach (r ≥ 0,444), Keefektifan penggunaan instrumen portofolio dinyatakan efektif  ≥ 75%, dan Analisis Gain Score dan Uji t untuk mengetahui peningkatan hasil penyusunan laporan dan artikel pada proses pembimbingan. Lembar angket respons guru dianalisis menggunakan skala likert. Hasil penelitian Instrumen Penilaian Portofolio yang dikembangkan valid, reliabel dan efektif dan respon  siswa dan guru biologi sebesar  95% dengan kategori sangat positif, Skor rata – rata yang diperoleh diuji menggunakan N-gain sebesar 0,82 memenuhi kriteria tinggi dan uji t (α=0,05) menunjukan perbedaan siginifikan antara pembimbingan produk ke - 1 dan ke – 2. Penelitian dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian portofolio pada materi Sistem Ekskresi kelas XI layak digunakan dan efektif dalam pelaksanaannya sesuai dengan tuntutan penilaian Kurikulum 2013.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.