Praanggapan Pada Implikatur Percakapan Dalam Serial Kuroko No Basuke Season 1 Karya Tadatoshi Fujimaki

EKA FITRI ARIES SANDI PUTRI

Abstract


ABSTRAK


Berkomunikasi memerlukan pengetahuan akan segala sesuatu yang melatari tuturan yang akan disampaikan agar komunikasi dapat diterima. Praanggapan sebagai tolok ukur dalam menentukan pilihan bahasa yang dirasa paling sesuai. Praanggapan adalah asumsi sebelum bertutur, sehingga pengetahuan tentang apa yang akan dituturkan telah lebih dahulu diasumsikan oleh pengguna bahasa. Sama halnya dengan praanggapan ada sebuah kajian pragmatik yang juga memperhatikan konteks pada saat ingin memaknai sebuah tuturan yaitu implikatur. Jika praanggapan adalah sesuatu yang dijadikan landasan pembicaraan oleh penutur maka implikatur adalah sesuatu yang dikomunikasikan lebih dari yang seharusnya disampaikan.


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk implikatur percakapan yang terdapat pada serial kuroko no basuke, kemudian bentuk praanggapan yang muncul dalam implikatur percakapan tersebut dan jenis-jenis praanggapan apa saja yang akan muncul pada implikatur percakapan tersebut.


Teori yang digunakan dalam penelitian ini untuk rumusan masalah pertama adalah teori Grice dan Lubis. Untuk rumusan masalah kedua menggunakan teori dari Levinson dan Lubis dan untuk rumusan masalah ketiga menggunakan teori dari Yule. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif karena hasil dari penelitian ini merupakan sebuah deskripsi terhadap sebuah tuturan yang terdapat dalam serial kuroko no basuke season 1.


Hasil dari penelitian ini adalah bahwa implikatur percakapan dibagi menjadi 2 yakni implikatur percakapan khusus dan implikatur percakapan umum, dari implikatur tersebut akan memunculkan praanggapan, praanggapan muncul sebelum petutur dan lawan tutur mengucapkan sebuah tuturan, sama dengan implikatur, praanggapan bisa muncul juga dengan melihat konteks dari tuturan tersebut. Namun bedanya jikai mplikatur muncul setelah melakukan sebuah tuturan. Praanggapan muncul sebelum melakukan sebuah tuturan. Jenis-jenispraanggapan yang sering muncul dalam penelitian ini adalah praanggapan eksistensi, praanggapan faktif dan praanggapan leksikal.


Kata Kunci :Implikatur percakapan, praanggapan, konteks, jenis-jenis praanggapan.


要旨


コミュニケーションするとき、互いに通信を確立できるように,発話したいことについて知識が必要である。このフェーズで人間は,最も適切に感じられる言語を選択している。発話をする前に想定している。


研究の目的は「黒子のバスケ」での含意の構造、前提による含意の構造、含意による前提の種類を知ることである。


一番目の研究課題のためにGriceとLubisの理論を使う。二番目の研究課題のためにLevinsonとLubisの理論を使う。三番目の研究課題ためにYuleの理論を使う。研究方法として質的記述的分析法を使う。というのは、結果は計算を行わない記述だからである。


研究の結果、三つのことが分かった。第一に、含意は分割にします、それは全般的な含意と特別な含意である。第二に、話し手と聞き手がその話の文脈を理解していれば含みの意味は受け入れられる。第三に、しかしながら前提は話し手と聞き手が話す前に現れるということである。違う点は、含意は話し手と聞き手が話をした後に現れ、前提は話をする前に現れるということである。この研究で現れた前提の型はexistential presuppositionとfactive presuppositionとlexical presuppositionである。


キーワード:含意、前提、文脈、前提の種類


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.