PERSAMAAN DAN PERBEDAAN PRINSIP KERJASAMA ANTARA FILM BER-GENRE ACTION DENGAN FILM BER-GENRE ROMANCE

AZIZAH RIZQA LAZUARDI IRRIYANTO

Abstract


Abstrak


Penelitian ini mengkaji dan menganalisis persamaan dan perbedaan prinsip kerjasama pada film ber-genre action dengan film ber-genre romance. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: faktor apa sajakah yang melatar-belakangi pematuhan maksim prinsip kerjasama pada tuturan-tuturan film ber-genre action ditinjau dari konteks; faktor apa sajakah yang melatar-belakangi pematuhan maksim prinsip kerjasama pada tuturan-tuturan film ber-genre romance ditinjau dari konteks; dan bagaimana persamaan dan perbedaan prinsip kerjasama pada film ber-genre action dengan film ber-genre romance. Tujuan dari penelitian ini: untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang melatarbelakangi pematuhan maksim prinsip kerjasama pada tuturan-tuturan film ber-genre action ditinjau dari konteks, mendeskripsikan faktor-faktor yang melatarbelakangi pematuhan maksim prinsip kerjasama pada tuturan-tuturan film ber-genre romance ditinjau dari konteks dan mendeskripsikan persamaan dan perbedaan prinsip kerjasama pada film ber-genre action dengan film ber-genre romance.


Untuk menjawab ketiga rumusan masalah pada penelitian ini, data dianalisis menggunakan teori konteks Hymes (dalam Brown dan Yule, 1996) dan teori tindak tutur Searle (dalam Koizumi, 1993).


Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah film ber-genre action Assassination Classroom : The Graduation dan film ber-genre romance Tada Kimi wo Aishiteru, data berupa kalimat tuturan-tuturan antar tokoh yang menaati maksim prinsip kerjasama pada film ber-genre action Assassination Classroom : The Graduation dan film ber-genre romance Tada Kimi wo Aishiteru.


Berdasarkan hasil analisis data pada bab IV, bentuk pematuhan antara film ber-genre action dengan film ber-genre romance tidak memiliki perbedaan. Namun ditemukan bahwa faktor yang melatar-belakangi pematuhan prinsip kerjasama pada film ber-genre action yaitu faktor pembicara dengan jumlah sembilan data, kawan bicara 23 data, topik 18 data, dan waktu/tempat hanya satu data. Pada film ber-genre romance yaitu faktor pembicara dengan jumlah tiga data, kawan bicara sembilan data, dan topik 14 data. Persamaan antara film ber-genre action dan film ber-genre romance ditemukan frekuensi kemunculan data yang sama yang memenuhi maksim kuantitas dan maksim kualitas sebanyak lima data. Sedangkan perbedaan frekuensi kemunculan data pematuhan maksim pada film ber-genre action berjumlah 51 data dan film ber-genre romance 26 data. Pada film ber-genre action, pematuhan terjadi disebabkan oleh faktor kawan bicara dengan frekuensi sebanyak 23 data. Hal ini dikarenakan kawan bicara merupakan teman sebaya, orang yang lebih tua dan dihormati oleh penutur. Sedangkan pada film ber-genre romance dikarenakan oleh faktor topik. Seperti topik memberitahu, menjelaskan, menyuruh, kekecewaan, dan menyangkal, dan menolak dengan frekuensi sebanyak 14 data.


Kata Kunci: Film Action, Film Romance, Prinsip Kerjasama, Maksim, Faktor, Tindak Tutur


 


要旨 


この研究は、アクション映画とロマンス映画を使って、グライスの協調の原理の類似点と相違点を調べ、分析した。研究の課題は以下3点である:アクション映画の文脈の面で公理の協調の原則の遵守の背後にどのような要因である。ロマンス映画の文脈の面で公理の協調の原則の遵守の背後にどのような要因である。アクションとロマンスに関する映画における協調の原則で類似点と相違点。本研究の目的は、


アクション映画の会話の協調の原則の格言の遵守を根本的要因を説明して、ロマンス映画の会話の協調の原則の格言の遵守を根本的要因を説明して、アクションとロマンスに関する映画の協調の原則における類似点と相違点を説明することである。


第三の課題に答えるために、Hymes のBrown と Yule (1996) の要因の理論とSearleのKoizumi (1993)の発話行為の理論を用いた。


この研究は、定性的記述を用いた。この研究のデータは、「Assassination Classroom : The Graduation」というアクション映画と「ただ君を愛してる」というロマンス映画を使った。協調の原則の格言に従う音声の形式。この分析の結果は以下のとおりである。


分析に基づき、アクション映画にみつかった、協調の原則の遵守を要因は:話し手の9つデータ、聞き手の23データ、トピックの18つデータ、時間と場所の1つデータだけです。ロマンス映画に見つかった、協調の原則の遵守を要因は:話し手の三つデータ、聞き手の9つデータ、トピックの14つデータ。アクション映画ロマンとロマンス映画の間の類似点は、量の公理と質の公理の格言を満たして同じデータを発見した。


相違点は、データの公理への遵守の発生頻度は、アクション映画の51データ、ロマンス映画26データに見つかった。アクション映画では、聞き手の要因は23データ。これは、アクション映画で協調の原則の遵守の違いは、要因の聞き手は、同年齢やより高年齢や尊敬されているから。ロマンス映画にトピックの要因には、知らせる、説明、伝える、失望、批判、憎しみ、断ると否定は14つがある。


見出し語:アクション映画、ロマンス映画、協調の原則、公理、要因、発話行為


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.