MAKNA GRAMATIKAL VERBA 立つ (TATSU) DAN 立てる (TATERU) DALAM BAHASA JEPANG

Aniqotul Himmah

Abstract


Verba merupakan unsur yang penting dalam kalimat, terutama dalam bahasa Jepang karena verba menyatakan suatu aktivitas atau keadaan dalam suatu kalimat. Suatu verba ketika digunakan dalam suatu kalimat akan bermakna gramatikal akibat dari menyesuaikan konteks dan proses kegramatikalan. Bahkan verba tersebut dapat menjadi suatu verba baru dan memiliki makna baru ketika digabungkan dengan verba lain. Sehingga memahami suatu kalimat akibat hal tersebut bagi mahasiswa pembelajar bahasa Jepang merupakan hal yang sulit.
Berdasarkan latar belakang di atas, penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan empat rumusan masalah yaitu, 1) makna gramatikal dari verba 立つ (tatsu) yang berdiri sendiri, 2) makna gramatikal dari verba 立てる (tateru) yang berdiri sendiri, 3) makna fukugoudoushi 立つ (tatsu), dan 4) makna gramatikal fukugoudoushi 立てる (tateru) dalam bahasa Jepang.
Rumusan masalah pertama dan kedua dijawab dengan konsep gabungan dari Bunkachou (1971) dan Koizumi, dkk (1998). Sedangkan untuk rumusan masalah ketiga dan keempat dijawab dengan konsep gabungan dari Himeno (1999) dan Niimi (1987) .
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan metode yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Data dari penelitian ini ialah berupa kalimat yang mengandung verba 立つ (tatsu) dan立てる (tateru), baik yang berdiri sendiri maupun yang telah digabungkan dengan verba lain (fukugoudoushi). Dari hasil analisis dan pembahasan dapat diperoleh hasil sebagai berikut.
Pertama, makna yang dihasilkan dari verba 立つ (tatsu) yang terdapat dalam sumber data, yakni 1) keberadaannya pada posisi atau keadaan lurus secara vertikal; 2) meninggalkan suatu tempat; 3) sesuatu yang menakjubkan dengan jelas terjadi; 4) tersebar ke dunia; 5) dapat melakukan suatu hal atau keperluan/urusan dengan baik; 6) menempati pangkat atau posisi yang memiliki peran; 7) suatu hal yang pasti dan masuk akal; dan 8) melanjutkan suatu kondisi.
Kedua, makna verba 立てる (tateru) dalam sumber data yakni, , 1) menjadikan suatu hal dalam keadaan lurus secara vertikal; 2) menyebarkan atau menunjukkan suatu hal kepada dunia; 3) memberikan posisi atau tingkatan pada sesuatu yang memiliki suatu peran; 4) menutup pintu dan lain sebagainya; 5) terjadi suatu hal yang hebat; 6) suatu hal yang spesial dan dipergunakan; dan 7) memikirkan sesuatu dan menjadikan sesuatu menjadi nyata dan baru.
Ketiga, makna fukugoudoushi 立つ (tatsu) yang terdapat dalam sumber data terdiri dari makna 1) berdiri tegak/berdiri, 2) meluapkan perasaan; dan 3) suatu kejadian/naik.
Keempat, makna dari fukugoudoushi 立てる (tateru) yang terdapat dalam sumber data terdiri dari makna 1) tegak lurus (penetapan); 2) penghargaan, pilihan; 3) pembinaan, pencapaian; dan 4) penekanan, besar/penuh.
Kata Kunci: makna gramatikal, verba, fukugoudoushi



要旨
動詞は働きや状態を示すので、日本語の文章において重要な要素である。動詞は文章に使われると、文法の過程と、文章の文脈に沿って文法的意味を持つ。それに、ほかの動詞が加えられると、新しい動詞になって新しい意味を持つ。そのために日本語の学習者にとって文章を理解するのが難しいことになるからである。
このような背景をもとに、この研究の目的は1) 日本語で「立つ」という動詞の文法的意味、2)「立てる」という動詞の文法的意味、3)「立つ」という複合動詞の文法的意味と4)「立てる」という複合動詞の文法的意味を説明することである。
第一と第二の問題点に応答するために、文化庁(1971)と小泉保(1998)の理論を使用する。第三と第四の問題点に応答するために、姫野昌子(1999)と新見和明(1987)の理論を使用する。
Makna Gramatikal Verba 立つ (Tatsu) dan 立てる (Tateru) dalam Bahasa Jepang
定性的研究であり、定性的記述を使用した。研究のデータは「立つ」と「立てる」という動詞と複合動詞を含む文章である。分析した結果は、以下の通りである。
一番目は動詞「立つ」の文法的意味は1.たてにまっすぐの状態.姿勢で存在する、2.場所を離れる、3.激しいことがはっきり現れる、4.世の中に広がる、5.ある必要なことをすることができる、6.ある役割を持った位置、地位を占める、7.確かになって、すじが通る、8.その状態を続けていくの動詞が見られた。
二番目は動詞「立てる」の文法的意味は1.たてにまっすぐの状態にする、2.世の中へ出す、3.ある役割を持った位置.地位につかせる、4.戸などを閉める、5.素晴らしいことを起こす、6.一段高いものとして、取り扱う、7.何かを考え、確かなものにしたり、新しく作り出すの動詞が見られた。
三番目は複合動詞「立つ」の文法的意味は1.立ち上がる.立っている、2.感情を発露する、3.生起.昂進の動詞が見られた。
四番目は複合動詞「立つ」の文法的意味は1.直立〔確立〕、2.顕彰.抜擢、3.構築.達成、
4.強調.旺盛の動詞が見られた。
キーワード:文法的意味、動詞、複合動詞


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.