GAYA BAHASA KIASAN PADA LIRIK LAGU BERGENRE J-POP KARYA ANGELA AKI (KAJIAN STILISITIKA)

TRI AYU ANGGI PUJI ABI AMI

Abstract


Abstrak


Lagu merupakan salah satu jenis karya sastra. Karya sastra mengandung unsur ekspresi sastrawan dan kesan khusus yang ingin ditimbulkan terhadap pembaca. Dalam karya sastra berupa lagu juga banyak mengandung gaya bahasa untuk memperkuat unsur estetika sehingga lagu dapat terkesan lebih indah. Pada penelitian ini, akan diteliti gaya bahasa berdasarkan langsung tidaknya makna yakni gaya bahasa kiasan. Gaya bahasa kiasan merupakan gaya bahasa yang paling sering muncul dalam kehidupan sehari-hari dan juga dalam suatu karya sastra seperti pada lagu. Pada lagu-lagu karya Angela Aki ditemukan banyak gaya bahasa kiasan, khususnya gaya bahasa majas simile, metafora, sinekdoke, personifikasi, dan metonimia. Majas yang digunakan dalam suatu karya sastra berfungsi untuk mengungkapkan gagasan dan tujuan yang disampaikan kepada orang lain dan dapat menimbulkan nilai maupun makna kiasan.  Namun penelitian yang membahas mengenai gaya bahasa kiasan belum banyak dilakukan. Karena hal tersebut, penelitian ini membahas tentang makna kias yang terdapat pada lirik lagu karya Angela Aki menurut kajian stilistika. Rumusan masalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah :



  1. Bagaimana bentuk gaya bahasa kiasan pada lirik lagu bergenre J-Pop karya Angela Aki ditinjau dari kajian stilistika?

  2. Bagaimana makna gaya bahasa kiasan pada lirik lagu bergenre J-Pop karya Angela Aki ditinjau dari kajian stilistika?

  3. Bagaimana fungsi gaya bahasa kiasan pada lirik lagu bergenre J-Pop karya Angela Aki ditinjau dari kajian stilistika?


Sumber data yang digunakan adalah 16 lirik lagu dalam 4 album karya Angela Aki. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis stilistika.


Hasil penelitian yang ditemukan dalam penelitian ini sebagai berikut, pertama  gaya bahasa kiasan dalam kajian stilistika pada lirik lagu bergenre J-pop karya Angela Aki yaitu simile berjumlah 12 buah, metafora berjumlah 16 buah, sinekdoke berjumlah 4 buah, personifikasi berjumlah 10 buah, metonimia berjumlah 3 buah. Kedua, Gaya bahasa kiasan yang digunakan pada lirik lagu Angela Aki memiliki makna atau arti kias yang menarik. Makna kias dapat diklasifikasikan berdasarkan pesan cerita yang terkandung pada sebuah lagu. Yaitu berdasarkan pesan tentang kebahagiaan, kesedihan, perjuangan, dan harapan. Ketiga, gaya bahasa kiasan yang digunakan pada lirik-lirik lagu Angela Aki memiliki fungsi yaitu untuk mempengaruhi atau meyakinkan pembaca atau pendengar, untuk menciptakan keadaan perasaan hati tertentu, dan untuk memperkuat efek terhadap gagasan yang disampaikan.


Kata Kunci: Majas, Lirik Lagu, Stilistika


 


 


要旨


 


音楽は文学の一つである。文学は文学者の情緒があり、読者に特別な印象を残す。音楽には耽美的な部分を強めるために多様な比喩が用いられる。この研究は比喩について述べる。比喩は日常生活でも音楽のような文学作品でも一番よく出てくる文体である。アンジェラアキ著の音楽には比喩が豊かに見られ、とくに直喩や隠喩や擬人法や提喩や換喩と言う比喩である。文学に使用される文体は、ほかの人に意見と目的を伝えたり、ある価や含蓄を描いたりするために機能している。しかし、比喩を述べる研究は少ないと思われる。したがって、この研究は文体論的からアンジェラアキ著の音楽にある比喩の意味について述べる。ここで取り上げられる課題は次の通りである:


1.  アンジェラアキ著のJ-POP ジャンル歌詞には文体論の観点からどのような形があるのか。


2.  アンジェラアキ著のJ-POP  ジャンル歌詞には文体論の観点からどのような意味があるのか。


3.  アンジェラアキ著のJ-POP  ジャンル歌詞には文体論の観点からどのような機能があるのか。


本稿の資料はアンジェラアキ著のJ-POP  ジャンル歌詞であり、歌詞の数は16歌詞であり、アルバムの数は4アルバムである。本研究は文体論研究である。


分析の結果は次のようである。一番、アンジェラアキ著のJ-POP ジャンル歌詞における文体論の観点から比喩の形は直喩 が13であり、隠喩 が16であり、擬人法 が4であり、提喩 が10であり、換喩 が3である。二番、アンジェラアキ著の歌詞で使用される比喩の意味は興味深いと思われる。歌詞の内容上での比喩の意味の分類は幸せ、悲しみ、争奪、希望である。三番、比喩の機能は読者や聞き手に影響を与え、気持ちを作り、伝えたい意見を強調する。


 


キーワード                          :比喩、歌詞、文体論


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.