MAKNA IDIOMATIKAL HIYUTEKI KANYOUKU PADA KOMIK 『飲食店完全バイブル』 KARYA AKIRA HARADA DKK VOLUME 1-2

ERNA SEPTIYANI

Abstract


Abstrak

Menurut Miyaji Hiyuteki kanyouku merupakan ungkapan yang memiliki arti berbentuk permajasan relative jelas. Memahami makna dari setiap hiyuteki kanyouku sangatlah penting. Terutama bagi para pembelajar Bahasa Jepang, untuk dapat lebih memahami bahasa Jepang secara mendalam. Penelitian ini mendasar pada teori perluasan makna idiomatikal menurut (1) Katakoon, terdapat 4 mekanisme perluasan makna idiomatikal yakni; perluasan dengan konsep metafora, perluasan dengan metafora, perluasan dengan metonimi, perluasan dengan metafora dan metonimi. (2) Sutedi, dengan 3 hubungan yakni; metafora, metonimi dan sinekdoke.

Hiyuteki kanyouku banyak ditemukan dalam bentuk fukugou yakni penggabungan dua kata menjadi satu bentuk frasa. Perubahan tersebut dapat dilakukan ke dalam fukugou meishi dan fukugou doushi, sehingga memungkinkan terjadi perubahan makna idiomatikal, penelitian tersebut mendasar pada teori Sakamoto. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui bagaimana makna idiomatikal hiyuteki kanyouku pada komik 「飲食店完全バイブル」 karya Akira Harada dkk vol 1-2 (2) mengetahui bagaimana makna idiomatikal hiyuteki kanyouku dalam bentuk fukugou pada komik 「飲食店完全バイブル」 karya Akira Harada dkk vol 1-2.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik Perluasan dan Teknik Ubah Ujud Parafrasal menurut Sudaryanto. Adapun sumber data penelitian yang digunakan yaitu komik 「飲食店完全バイブル」 karya Akira Harada dkk vol 1-2. Data berupa kutipan percakapan pada komik tersebut. Pada penelitian ini ditemukan data sebanyak 18 data.

Kemudian diperoleh hasil sebagai berikut:

  1. Ditemukan makna idiomatikal pada 18 data dengan perluasan secara konsep metafora 6 data, secara metafora 6 data, secara metonimi 3 data, secara sinekdoke 1 data dan secara metafora dan metonimi 2 data
  2. Pada fukugou doushi ditemukan 5 frasa yang memiliki makna idiomatikal dan pada fukugou meishi ditemukan 33 frasa yang memiliki makna idiomatikal. Selain itu ditemukan 8 frasa yang memiliki kesamaan makna idiomatikal, 9 frasa yang memiliki kedekatan makna idiomatikal dan 21 frasa yang memiliki perbedaan makna idiomatikal dengan bentuk yang belum mengalami perubahan.

Kata Kunci: Makna Idiomatikal, Hiyuteki Kanyouku, Komik, Bentuk Fukugou


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.