GAYA BAHASA RETORIS EROTESIS PADA KUMPULAN LAGU KARYA YUI YOSHIOKA

EVA PUJI RAHAYU

Abstract


Abstrak

Penelitian ini berjudul “Gaya Bahasa Retoris Erotesis Pada Kumpulan Lagu Karya Yui Yoshioka”. Latar belakang penelitian ini adalah analisis terhadap penggunaan gaya bahasa retoris erotesis pada lagu. Permasalahan pada penelitian ini dibagi menjadi 2 yaitu bentuk dan fungsi gaya bahasa retoris erotesis dalam kumpulan lagu. Permasalahan pertama dianalisis menggunakan teori Gorys Keraf (2010). Permasalahan kedua dianalisis menggunakan teori Wahyuni dkk dalam Enggar dkk (2013). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif karena tidak menggunakan angka-angka melainkan menggunakan kat-kata untuk mendeskripsikan analisis data pada kumpulan lagu karya Yui Yoshioka. Data penelitian ini berupa lirik lagu yang mengandung gaya bahasa retoris erotesis yang berjumlah 12 data. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Bentuk gaya bahasa retoris erotesis diklasifikasikan berdasarkan penggalan akhir dalam lirik, dengan pembagian dalam bentuk ~かな sebanyak 4 buah data, ~よね sebanyak 1 buah data, ~でしょ sebanyak 3 buah data, ~の sebanyak 2 buah data, ~か sebanyak 1 buah data, dan ~ない sebanyak 1 buah data. Fungsi gaya bahasa retoris erotesis dibagi menjadi 4 jenis fungsi, yaitu mengkongkritkan sebanyak 2 buah data, menegaskan sebanyak 6 buah data, menghaluskan sebanyak 2 buah data, dan mempuitiskan sebanyak 2 buah data. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa gaya bahasa retoris erotesis dalam lirik lagu berfungsi untuk menegaskan sesuatu.

Kata Kunci: Stilistika, lagu, gaya bahasa retoris erotesis

Abstract

This research entitled “Erothesis Rhetorical Language Style In Songs By Yui Yoshioka”. The research background is analysis of use erothesis Rhetorical language style in songs. There are 2 research problem, that are form and function of erothesis rhetorical language style in songs. The first problem is analysis with Gorys Keraf’s (2010) theory. The second problem is analysis with Enggar at all, in Wahyuni at all (2013) theory. This research is qualitative research which is used words not number to describe of data analysis in songs by Yui Yoshioka. The data analysis are amount 12 lyrics of songs with erothesis rhetorical language style. The result research as follows. The form of erothesis rhetorical language style are classified based on the last particle in lyrics, which form of ~かな is 4 data’s, ~よね is 1 data, ~でしょ is 3 data’s, ~の is 2 data’s, ~か is 1 data, and ~ないis 1 data. There are 4 types function of erothesis rhetorical language style. That is 2 data’s to concrete, 6 data’s to assertive, 2 data’s to smooth, and 2 data’s to poetic. From the results of research that have been done, can be seen that function of erothesis rhetorical language style in lyrics of songs was to concreted.

Keyword: Stylistics, songs, erothesis rhetorical language style.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.