MAKNA KONTEKSTUAL KATA SIFAT AMAI 「甘い」 DALAM LAGU JEPANG

MUHAMMAD AGUS JAUHAR HABIBIE

Abstract


Penelitian ini berjudul “Makna Kontekstual Kata Sifat Amai 「甘い」dalam lagu Jepang” dengan latar belakang penelitian ini yaitu makna kata sifat amai「甘い」tidak hanya manis, melainkan juga bisa bermakna lain. Hal ini dikarenakan makna kata sifat amai adalah kata yang berpolisemi dan memiliki makna berbeda bergantung pada konteks kalimatnya. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu :

  1. 1. Bagaimana makna kontekstual kata sifat amai dalam lirik lagu Jepang?
  2. 2. Apa padanan kata sifat amai「甘い」dalam bahasa Indonesia yang  terdapat dalam lagu-lagu Jepang?

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, karena pada penelitian ini tidak menggunakan angka-angka, melainkan berupa kalimat-kalimat bahasa Jepang yang menggunakan kata amai yang terdapat dalam lirik lagu Jepang. Dalam penyelesaiannya digunakan metode analisis deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan hasil analisis secara rinci dan jelas. 

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan , maka makna kontekstual kata sifat amai「甘い」dalam lirik lagu Jepang yaitu : (1) Rasa manis dari indra perasa sebanyak 8 data, (2) Aroma dari indra penciuman sebanyak 1 data, (3) Suara dari indra pendengaran sebanyak 6 data, (4) Gambaran dari indra penglihatan sebanyak 7 data, (5) Rasa dari sentuhan kulit sebanyak 1 data, (6) Menyatakan kegiatan manusia sebanyak 5 data, (7) Menyatakan hal negatif sebanyak 5 data, (8) Menyatakan hal yang romantis sebanyak 2 data, (9) Menyatakan karakter yang dimiliki manusia sebanyak 5 data , (10) Menyatakan rasa dari perasaan  sebanyak 5 data.

Kata sifat amai dalam bahasa Indonesia memunyai makna antara lain : manis, segar, sedap, harmonis, bagus, merdu, halus, lembut, indah, cerah, tajam, cantik, seksi, sepoi-sepoi, menyenangkan, bujuk rayu, payah, manja, mesra, romantis, optimis, baik, pasrah, berlebihan, nyaman, haru.

Kata kunci : Amai, Makna kontekstual, Linguistik

要旨

本論文のタイトルは「日本の歌における形容詞「甘い」の文脈的意味について」である。形容詞「甘い」の意味は「物を口で甘く感じる」と言う意味だけでなく、いろいろな意味がある。これは形容詞「甘い」の文脈的意味によって使う。本研究の問題点は日本の歌における形容詞「甘い」。

1. どのような文脈的意味を持っているか。

2. インドネシア語で甘いの意味はなんだろうか。

本研究では数字を取りあつかわず、日本の歌の歌詞を使用しているので、質的の研究である。詳しく分析するためにanalisis deskriptifという分析方法を利用している。

分析の結果、日本の歌における形容詞「甘い」の文脈的意味は以下のように分類ができる。(1)口で感じる;8データ、(2)鼻で感じる;1データ、(3)耳で感じる;6データ、(4)目で感じる;7データ、(5)肌で感じる;1データ、(6)人間の行為を表す;5データ、(7)ネガチプなイメージを表す;5データ、(8)ロマ


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.