Ungkapan Potensial V+koto ga dekiru dan ~eru/~rareru dalam Mainichi Shinbun

EUNIKE KUSWANDI

Abstract


Kanouhyougen adalah ungkapan yang menyatakan sesuatu dapat/tidak dapat terjadi. Ciri dari Kanouhyougen adalah memiliki verba yang ditambah koto ga dekiru atau verba yang mengalami infleksi ~eru/~rareru. Ungkapan potensial koto ga dekiru dan ~eru/~rareru merupakan ungkapan yang bersinonim, makna penggunaan dan perbedaannya sulit dipahami oleh pembelajar Bahasa Jepang. Berdasarkan hal tersebut maka diteliti makna dan perbedaan ungkapan potensial koto ga dekiru dan ~eru/~rareru.


Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan makna penggunaan dan perbedaan ungkapan potensial koto ga dekiru dan ~eru/~rareru. Mengenai makna penggunaan, ungkapan potensial tidak hanya memiliki makna yang menyatakan kemampuan atau kesanggupan namun juga  beberapa makna penggunaan yang perlu diteliti. Sedangkan mengenai perbedaan, kedua ungkapan tersebut memiliki beberapa perbedaan-perbedaan sehingga penggunaannya tidak bisa saling bersubtitusi. Untuk menjelaskan mengenai makna penggunaan ungkapan potensial, teori yang digunakan adalah teori Lao (2006), dan Miyajima (1995). Sedangkan untuk menjelaskan perbedaan-perbedaan antara kedua ungkapan tersebut, teori yang digunakan adalah teori Miyajima (1995).


Penelitian ini menggunakan sumber data koran digital Mainichi Shinbun dan data yang muncul sejumlah 31 data. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian sebagai berikut.


Makna penggunaan ungkapan potensial dibagi menjadi 2 kategori umum yaitu makna realisasi dan makna posibiliti. 2 kategori umum tersebut memiliki 15 sub kategori makna yang menjelaskan secara lebih rinci makna penggunaan ungkapan potensial.


Mengenai  perbedaan penggunaan antara ungkapan potensial V+koto ga dekiru dan ~eru/~rareru terdapat lima faktor-faktor pembeda yaitu jumlah ketukan, ketentuan jenis verba, partikel penghubung dan sense. Faktor-faktor pembeda tersebut menyebabkan ungkapan potensial V+koto ga dekiru ada kalanya tidak bisa bersubtitusi dengan sempurna pada ~eru/~rareru.


Kata Kunci: Ruigi Hyougen, Kanouhyougen, ~eru/~rareru, V+koto ga dekiru


要旨


可能表現とは物事が実現できるかどうかを表現する。可能表現は「V+ことができる」と~eru/~rareruの形で表わす。「V+ことができる」と~eru/~rareruは類義表現の種類として、日本語学習者は意味用法と相違が理解しにくい。したがって「V+ことができる」と「~える/~られる」という類義表現の意味用法と相違は研究テーマを取り上げた。


研究目的としては「V+ことができる」と~eru/~rareruの意味用法とその相違を説明した。可能表現は能力を表わすだけではなく、文の属性によって意味用法が違う。したがって、可能表現の意味用法を研究する必要があった。「V+ことができる」と~eru/~rareruは相違があるから、置き換えられないことがある。意味の視点から、Miyajima (1995)とLao (2006) の理論を利用し、「V+ことができる」と~eru/~rareruの意味を分析した。「V+ことができる」と~eru/~rareruの相違の視点から、 Miyajima (1995) の理論を利用し、「V+ことができる」と~eru/~rareruの相違を分析した。研究データとしては毎日新聞から31データを利用した。研究方法は質的な方法を使用した。


結果として以下である。可能表現の意味はデータから実現可能と潜在可能で、15下位カテゴリに分類できた。「V+ことができる」と「~える/~られる」の相違はデータから、「拍数」、「接語」、「動詞の種類」、「意味と属性」、と「センス」に分類できた。置換性として「V+ことができる」と「~える/~られる」はお互いに置換できる場合と置換できない場合がある。


キーワード:可能表現、類義表現、~える/~られる、V+ことができる.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.