PERWATAKAN TOKOH ULI VON SIMMERN DALAM ROMAN DAS FLIEGENDE KLASSENZIMMER KARYA ERICH KAESTNER

HANIFATUR ROIYANI

Abstract


Roman adalah cerita prosa yang melukiskan pengalaman-pengalaman batin dari beberapa orang yang berhubungan satu dengan yang lain dalam suatu keadaan Leeuwen (dalam Nurgiyantoro, 2002:15-16), dalam sebuah cerita roman memiliki beberapa tokoh, tokoh inilah yang memunculkan suatu gambaran perwatakan. Perwatakan adalah gambaran kreatif tentang tokoh-tokoh bayangan yang dapat di percayai sedemikian rupa, karena mereka hadir di depan pembaca seperti sesungguhnya dalam batas-batas fiksi. Thrall dan Dibbrad (dalam Sukada 1998:36).


Roman “das fliegende Klassenzimmer” karya Erich Kästner banyak dijumpai perilaku-perilaku tokoh Uli yang negatif walaupun dia juga berperilaku positif, untuk mempermudah dalam analisis dan mencari probematika maka memerlukan penggolongan dalam menentukan perwatakan tokoh Uli ini sehingga pada penelitian ini akan diteliti tentang watak tokoh Uli dalam roman “das fliegende Klassenzimmer”. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif.


Rumusan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana watak tokoh Uli dalam roman das fliegende Klassenzimmer?


Tujuan penelitian ini adalah: Mendeskripsikan watak tokoh Uli dalam roman das fliegende Klassenzimmer. Sumber data penelitian ini adalah roman dengan judul “das fliegende Klassenzimmer” dan data berupa, kalimat dalam roman “das fliegende Klassenzimmer”.


                Penelitian ini menggunakan teori perwatakan Mido, pengarang menjelaskan bahwa untuk memudahkan dalam mengetahui sebuah watak dapat menggunakan metode tak langsung. Pembaca mengetahui para tokoh bukan melalui keterangan yang diberikan oleh si pengarang, tetapi melalui hal-hal lain seperti mendeskripsikan perbuatan tokoh yang ada dalam cerita roman. Hasil penelitian ini adalah: Watak tokoh Uli dalam roman das fliegende Klassenzimmer adalah emosional, bersedih dan suka menangis, penakut, pengecut, nekad, putus asa, tertawa di atas penderitaan orang lain, Pemalu, Pembongkar rahasia orang lain, Khawatir dan Pemarah, Baik, selalu memberikan nasihat yang baik, dermawan, naif, sabar, jujur, kagum, penurut, rasa ingin tahu, peduli pada orang lain, suka menolong, Pendiam, Pendengar yang baik, menghargai pendapat orang lain, Kritis, Periang, Jujur dan Naif.


 


Kata Kunci: Perwatakan, Das Fliegende Klassenzimmer, Erich Kästner.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.