ANALISIS ALIH KODE DALAM FILM IM JULI KARYA FATIH AKIN

FARADILLA JASMIL SUPARTO PUTRI

Abstract


Bahasa adalah wahana untuk mengkomunikasikan pesan.Penggunaan bahasa memiliki banyak ragam, salah satunya adalah sering digunakannya dua atau lebih bahasa dalam suatu percakapan.Hal ini sering disebut dwibahasa.Penggunaan dwibahasa memiliki banyak maksud dan tujuan. Salah satunya adalah untuk menjelaskan suatu topik pembicaraan yang apabila dijelaskan dengan menggunakan bahasa tertentu akan lebih mudah dipahami. Gejala peralihan pemakaian bahasa karena berubahnya situasi inilah yang disebut alih kode. Dalam penelitian ini terdapat dua rumusan masalah yaitu bagaimana bentuk alih kode bahasa Inggris dan bahasa Turki dalam tuturan berbahasa Jerman dalam film Im Juli serta apa faktor penyebab alih kode bahasa Inggris dan bahasa Turki dalam tuturan berbahasa Jerman dalam film Im Juli. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk alih kode bahasa Inggris dan bahasa Turki dalam tuturan berbahasa Jerman dalam film Im Juli serta menentukan dan mendeskripsikan faktor penyebab alih kode bahasa Inggris dan bahasa Turki dalam tuturan berbahasa Jerman dalam film Im Juli.


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah transkrip film Im Juli dengan data berupa dialog tuturan yang terdapat variasi bahasa alih kode. Data diperoleh dengan menggunakan metode simak catat.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam film Im Juli, data yang berhasil ditemukan berjumlah sebelas data yang terdapat ragam bahasa alih kode yang masing – masing jenisnya sudah terwakili, dan juga terdapat faktor-faktor  penyebab terjadinya alih kode. Faktor –faktor tersebut disimpulkan berdasarkan konteks situasi pada saat tuturan berlangsung. Sehingga dapat disimpulkan secara keseluruhan bahwa penelitian mengenai alih kode bisa juga diterapkan pada sebuah film karena di dalam sebuah film terutama yang mengambil latar di beberapa negara, ada kemungkinan menggunakan lebih dari satu bahasa dalam tuturan, tidak terkecuali dalam film Im Juli. Serta dalam meneliti alih kode, tidak hanya menyebutkan jenis alih kode yang terjadi, namun juga menjelaskan faktor penyebab terjadinya alih kode serta fungsi dan tujuan alih kode dilakukan.


Kata kunci: bahasa, dwibahasa,alih kode


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.