AGRESI TOKOH DALAM DRAMA DER BESUCH DER ALTEN DAME KARYA FRIEDRICH DÜRRENMATT

ADELIA INDAH IFANTY, YUNANFATHUR RAHMAN

Abstract


Drama pada umumnya menggambarkan tentang kehidupan manusia dan memberikan nilai-nilai moral baik dan buruk. Hal itu dicerminkan oleh perilaku tokoh. Dalam drama terdapat perilaku tokoh yang positif dan juga yang negatif. Salah satunya adalah perilaku sadisme yang dilakukan oleh tokoh dalam drama. Drama Der Besuch der alten Dame karya Friedrich Dürrenmatt dimungkinkan mengandung agresi yang dilakukan tokoh dalam cerita. Karena drama ini dibuat pasca perang dunia II oleh sastrawan Swiss yang mengangkat tema konflik masyarakat yaitu tentang pengkhianatan, rasa bersalah, penebusan, iman, kebebasan, dan keadilan.

Penelitian ini menganalisis perilaku dan penyebab agresi tokoh dalam drama Der Besuch der alten Dame karya Friedrich Dürrenmatt. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis perilaku dan penyebab agresi yang dilakukan oleh tokoh dalam drama Der Besuch der alten Dame karya Friedrich Dürrenmatt.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data berupa kalimat yang menunjukkan perilaku dan penyebab agresi tokoh dalam drama tersebut dianalisis menggunakan teori Errich Fromm untuk menemukan jenis perilaku agresi dan teori Sears dan Myers untuk menemukan penyebab agresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis perilaku agresi yang muncul dalam drama Der Besuch der alten dame merupakan sadisme non-seksual (fisik) dan sadisme mental. Selain itu juga ditemukan penyebab agresi tokoh dalam drama berupa adanya serangan dari orang lain, terjadinya frustasi dalam diri seseorang, ekspektasi pembalasan atau motivasi balas dendam dan adanya kompetisi.

Kata kunci: sadisme, drama, sastra, Die neueste Zeit


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.