MAKNA KONOTATIF SLOGAN BUNDESTAGSWAHL TAHUN 2017

FEBRIANTI PUSPITA, YUNANFATHUR RAHMAN

Abstract


Abstrak

Bundestagswahl atau pemilihan umum federal Jerman tahun 2017 diikuti oleh enam partai politik, yaitu CDU (Christlich Demokratische Union Deutschlands), SPD (Sozialdemokratische Partei Deutschlands), AfD (Alternative für Deutschland), FDP (Freie Demokratische Partei), Die Linke, serta Bündnis 90/ Die Grünen. Salah satu alat peraga kampanye yang memiliki peranan penting dalam meyakinkan konstituen adalah poster. Selain berisi gambar dan identitas partai, dalam poster juga terdapat slogan yang berisi visi serta pesan yang ingin disampaikan partai politik kepada khalayak.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana makna slogan Bundestagswahl tahun 2017. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan makna yang terkandung dalam slogan Bundestagswahl tahun 2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data berupa kalimat slogan dianalisis menggunakan teori semiotika Roland Barthes, yakni dianalisis berdasarkan makna denotatif dan konotatifnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masing-masing slogan memiliki makna tersirat yang berbeda-beda namun memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk meyakinkan pembaca agar memilih partai yang dikampanyekan.

Kata kunci: slogan, makna konotatif, Bundestagswahl







Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.