Pengembangan Media Infografis pada Materi Pemanasan Global untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 19 Surabaya

MEYRINDA TOBING

Abstract


Penggunaan media sangat diperlukan dalam pembelajaran fisika karena banyak fenomena dan gejala alam yang tidak dapat disajikan dan dipahami dengan baik oleh peserta didik tanpa adanya media. Materi Pemanasan Global yang didominasi teori membutuhkan sebuah media pembelajaran yang mengemas konsep-konsep sehingga menjadi efektif dan meningkatkan pemahaman peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media infografis pada materi Pemanasan Global untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 19 Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian uji coba terbatas pada 15 siswa di XI MIA 2 SMA Negeri 19 Surabaya. Media infografis dinyatakan layak apabila memenuhi kriteria kelayakan yaitu kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Kevalidan media ini dinilai oleh dua dosen validator. Dari penelitian yang telah dilakukan, diperoleh nilai pre-test dan post test peserta didik yang dianalisis dengan menggunakan indeks gain untuk mengetahui peningkatan hasil belajar. Validasi dari 2 dosen validator menunjukkan persentase sebesar 83% yang berarti ”Sangat Layak” menurut skala Likert. Berdasarkan perhitungan indeks gain terdapat peningkatan dengan kategori tinggi pada 73,33% dari total siswa yang diuji dan 26,67% kategori sedang, dan 0% kategori rendah. Peningkatan hasil belajar tersebut menunjukkan keefektifan dari media infografis yang dikembangkan. Keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan dan angket respons peserta didik berada dalam kategori sangat baik. Hal ini mengindikasikan bahwa kriteria kepraktisan media telah tepenuhi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media infografis Pemanasan Global memenuhi kriteria kelayakan media pembelajaran dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 19 Surabaya.


Kata kunci : kelayakan, media infografis, hasil belajar.


               


Abstract


The use of media is necessary in the study of physics because many natural phenomena and phenomena that can not be presented and well understood by student whithout the media. The theory of Global Warming which is predominantly a theory requires a learning medium that packs concepts so that it becomes effective and improve students understanding. This study aims to develop infographic media on Global Warming materials to improve student learning outcomes In SMA Negeri 19 Surabaya. Infographic media is feasible if it meets the eligibility criteria of validity, practicality and effectiveness. Media is assessed by two validator lecturers to test the validity of the media. Type of research used is development by using model of ADDIE. The subjects of the trial study were limited to 15 students in XI MIA 2. From the research that has been done, obtained the value pre-test and post-test of students analyzed by using index gain to know the improvement of learning result. Validation of 2 validator lecturers shows a percentage of 83% which means “Very Eligible”by Likert Scale. The result showed that the students learning outcomes increased after being given a study using the Global Warming Infographic Media. Based on the calculation of gain index there was a high category increase at 73,33% of total students tested and 26,67% medium category, and 0% low category. The increase in learning outcomes demonstrates the effectiveness of developed infograic media. Activity of teacher implementation and student response questionnaire are in very good category. This indicates that the criteria of media practicability have been met. So the infographic media Global Warming meet the eligibility criteria of learning media and able to improve student learning outcomes in SMA Negeri 19 Surabaya.


Keywords: Feasibility, infographic media, learning outcomes.     


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.