PROFIL MISKONSEPSI SISWA DALAM MODEL ECIRR BERBANTUAN PhET SIMULATION PADA MATERI MOMENTUM, IMPULS, DAN TUMBUKAN

Elisya Ayu Maulida

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil miskonsepsi siswa setelah diterapkan model pembelajaran ECIRR (elicit-confront-identify-resolve-reinforce) dengan media simulasi PhET. jenis penelitian eksperimen, yang menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest design diterapkan pada siswa kelas XI MIA-5 SMAN 4 Sidoarjo pada semester II tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 30 siswa. Identifikasi profil miskonsepsi siswa ketika test awal sebesar 74,0% dan setelah dilakukan pembelajaran,  miskonsepsi siswa ketika tes akhir sebesar 38,2%. Pada saat tes awal dilakukan, penyebab miskonsepsi tertinggi yaitu pada kategori pemikiran humanistik sebesar 22,2%, kemudian pada tes akhir berkurang menjadi 10%. Miskonsepsi sub materi momentum pada saat tes awal sebesar 77,8% dan tes akhir 25,6%. Miskonsepsi sub materi impuls, pada saat tes awal sebesar 73,3%  dan tes akhir 44,0%. Miskonsepsi sub materi tumbukan pada saat tes awal sebesar 72,9% dan tes akhir 39,5%. Dari 30 siswa, 28 siswa mengalami penurunan miskonsepsi, satu siswa mengalami kenaikan miskonsepsi, dan satu siswa tidak terjadi perubahan miskonsepsi.


 


KataKunci: Miskonsepsi, Two-tier Diagnostic Test, ECIRR, PhET


 


Abstract


The purpose of this study are to described misconception profile students afterwards applied ECIRR models ( elicit-confront-identify-resolve-reinforce ) with PhET simulation . The kind of research experiment, using design of research one group pretest-posttest design applied to student of class XI MIA-5 SMAN 4 Sidoarjo in the 2nd semester 2015 / 2016 as many as 30 students .Identification misconception profile students when initial test 74,0 % and after learning , misconception students in final test was 38,2 % .When  initial test done , the highest cause misconceptionis humanistic thingking of 22,2 % , then on a final test reduced to 10 % . Misconception of momentumin the initial test 77,8 % and final tests 25,6 %.Misconceptionof impulses, during the initial tests 73,3 % and final tests 44,0 % . misconception of collisionat the initial test  72,9 % and final tests 39,5 % .From 30 students , 28 students decreased misconception, one student increased misconception , and one students have evidence for misconceptionchanges .


 


Keywords:  Misconception, Two-tier Diagnostic Test, ECIRR, PhET


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.