PENGEMBANGAN KIT RESISTIVITAS DAN KOEFISIEN SUHU RESISTIVITAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS

MUHAMMAD SHOFIANTO

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan kit resitivitas dan koefisien suhu resistivitas yang membutuhkan biaya pembuatan rendah, mengetahui respon dan hasil belajar peserta didik setelah dilakukan kegiatan pembelajaran menggunakan kit resistivitas dan koefisien suhu resistivitas. Metode penelitian yang digunakan adalah ADDIE yang dipublikasikan oleh Michael Molenda (2003). Prosedur dalam penelitian ini yaitu, Analysis (Menganalisis), Design (Merancang), Development (Mengembangkan), Implementation (Menerapkan), dan Evaluate (Menilai). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) kit resitivitas dan koefisien suhu resistivitas yang dikembangkan membutuhkan biaya pembuatan rendah dan dapat dibuat sendiri. (2) validasi penilaian kit resistivitas dan koefisien suhu resistivitas mendapat presentase rata-rata 84.38% dengan kriteria sangat layak sehingga dapat digunakan perserta didik dalam pembelajaran. (3) setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan kit resistivitas dan koefisien suhu resistivitas, Ketuntasan hasil belajar peserta didik secara klasikal kelas sebesar 100% dengan peningkatan hasil belajar kriteria minimal sedang. (4) peserta didik memberikan respon baik terhadap kit resistivitas dan koefisien suhu resistivitas dengan rata-rata presentase sebesar 81% dan kriteria sangat positif. Dengan demikian dapat disimpulkan kit resisitivitas dan koefisien suhu resisitivitas layak dijadikan sebagai media pembelajaran fisika pada materi listrik dinamis.


Kata Kunci: kit resistivitas dan koefisien suhu resistivitas, ADDIE, peserta didik.


Abstract


This study aims to determine the feasibility of kit resitivity and temperature coefficient resistivity which has a requires a low cost, evaluate the response and learning outcomes of students after learning activities using kit resistivity and temperature coefficient resistivity. This study used ADDIE methode which is published by Michael Molenda (2003). The procedures are Analyzing, Designing, Develop, Implementing, and Assessing. The results showed that, (1) kit resistivity and temperature coefficient resistivity which has a requires a low cost, can be developed and can be made. (2) the validation score of kit resistivity and temperature coefficient resistivity gets an average percentage of 84.38% with a very high criteria that can be used by students to learn. (3) after the students learning dinamic electricity using kit resistivity and temperature coefficient resistivity, classical students learning outcomes in the class is 100% with a minimal learning out comes criteria. (4) the students responses is good to the kit resistivity and temperature coefficient resistivity with an average percentage of 81% on a very positive criteria. It concluded that kit resistivity and the temperature coefficient resisitivity is eligible as a media of learning physics on the dynamic electrical material.


Keywords: kit resistivity and resistivity temperature coefficient, ADDIE, students.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.