PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) PADA MATERI POKOK PERPINDAHAN KALOR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA

YULIANA RIZKI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kegiatan siswa untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswa pada sub materi perpindahan kalor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4-D (define,design,develop dan desiminate). Lembar kegiatan siswa yang dibuat dengan menganalisis KI-KD pada kurukulum 2013 serta materi kalor. Kemudian dilakukan validasi LKS oleh ahli materi dan guru yang bersangkutan disekolah. LKS yang sudah final kemudian diuji cobakan pada siswa kelas X MIA 3 SMAN 2 PARE. Sebelum diuji coba diberikan pre test untuk mengetahui keterampilan berfikir kritis siswa sebelum mendapat perlakuan. Selain itu juga diberikan post test untuk mengetahui keterampilan berfikir kritis siswa setelah perlakuan. Dari hasil pre test dan post tes kemudian dihitung peningkatan keterampilan berfikir kritis siswa. Berdasakan analisis hasil penelitian,disimpulkan bahwa telah dihasilkan lembar kegiatan siswa yang memenuhi kriteria kalayakan dengan katagori sangat layak. Lembar kegiatan siswa dapat meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswa sebanyak n gain 0,32 dengan kriteria peningkatan rendah.


 


Kata kunci: Lembar kegiatan siswa,berfikir kritis, perpindahan kalor


 


Abstract


This study aims to improve critical thinking skills in the transfered heat lesson by developing the student work sheet. This study used 4-D method (design, define, develop, dessiminate). Students work sheets were made by analyzing curiculum 2013 and KI-KD on the trasnfered heat lesson, which is later will be validated by the lecturer and the teacher of its school. The final of students work sheet then will be trialed to class X MIA 3 SMAN 2 of Pare. Before the test, students were given pre-test to determine students critical thinking skills before the treatment and also post test to determine students critical thinking skill after the treatment. The result of the pretest and the post test will show the improvement of the students critical thinking skills. The result of this study has produced the students work sheet that meet very decent criteria. The students work sheets can improve studentss critical thinking as much as 0,32 with medium improvement criteria.


 


Key word : student work sheet,critical thinking,transferd heat.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.