PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INKUIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA SUB POKOK MATERI FLUIDA STATIS DI SMA NEGERI 1 DRIYOREJO GRESIK

DIAH AYU AMBARWATI

Abstract


Penerapan Kurikulum 2013 mengacu pada proses pembelajaran yang keaktifan siswa. Pembelajaran Fisika lebih menekankan pada kemampuan inkuiri siswa yaitu mengamati, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengidentifikasi variabel, mengumpulkan data, menganalisis data, dan membuat kesimpulan. Fluida statis adalah  salah satu materi pokok yang di dalam pencapaian indikatornya melibatkan aktivitas siswa. Berdasarkan observasi dan prapenelitian di sekolah diperoleh hasil bahwa kemampuan inkuiri dan hasil belajar siswa rendah. Maka perlu ada strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan inkuiri dan hasil belajar siswa. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat melibatkan siswa aktif dalam proses belajar mengajar adalah pembelajaran guided inquiry. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain “One Group Pre-test Post-test” dengan 1 kelas eksperimen dan 2 kelas replikasi, yang masing – masing kelas berjumlah 36, 39, dan 40 siswa. Pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan model guided inquiry adalah merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menganalisis data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran guided inquiry dapat dilaksanakan dengan baik dan mendapatkan respon yang sangat baik dari siswa. Hasil perhitungan uji t hasil belajar siswa diperoleh thitung > ttabel dengan thitung berturut-turut kelas eksperimen dan replikasi yaitu 23,26, 25,01, dan 25,09 dan ttabel sebesar 1,68. Perhitungan hasil belajar siswa kompetensi pengetahuan dengan n-gain untuk kelas eksperimen sebesar 0,74, kelas replikasi 1 sebesar 0,70, dan kelas replikasi 2 sebesar 0,70 dengan kategori tinggi. Hasil kemampuan inkuri siswa untuk ketiga kelas penelitian diperoleh nilai 81,59 dengan kriteria bak sekali. Hasil kompetensi sikap sebesar 3,00 dalam kategori baik dan kompetensi keterampilan sebesar 3,38 dalam kategori baik. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran guided inquiry dapat meningkatkan kemampuan inkuiri dan hasil belajar siswa pada materi fluida statis kelas X pada sub pokok materi fluida statis SMAN 1 Driyorejo Gresik.


 


Kata Kunci : model pembelajaran guided inquiry, kemampuan inkuiri, hasil belajar siswa


Abstract


The implementation of curriculum 2013 refers to the learning process that demands the students active  learning. Learning physic emphasis on inquiry skills are observing, formulating the problem, formulating the hypothesis, identifying variables, collect data, analyze data, and make conclusions.  Static fluid material that is one of the basic material in the achievement of indicator involves the students activity. Based on observation and early research in the schoolobtained the results that the sudents inquiry sklills and studentss learning outcomes is low. Therefore, there needs to be a learning strategy that can improve sudentss inquiry sklills and studentss learning outcomes. The design of the research is descriptive quantitative research with "One Group Pre-test and Post-test" consist of one experimental class and two replication classes, each classes are numbered of 36, 39 and 40 students. Lessons will be conducted with the model guided inquiry is to formulate the problem, formulate hypotheses, collect data, analyze data, and make conclusions. The results of the study find outs the implementation of guided inquiry learning model is good and the students’ respond is positive. The data of students learning outcome by using t-test had tcount > ttable with tcount for three clasess 23,26, 25,01, and 25,09 dan ttable is 1,68. Then, the pre and post-test data analyzed by using n-gain to determine the improvement of students learning outcomes, n-gain score for the experimental class is 0,74, the first replication class is 0,70, and the second replication class is 0,70 with high categories. The results of the study find outs the students inquiry ability from three research classes is 81,59, it were excellent category. Furthermore, the attitude competence for each clasess got 3.00, it were good categorize and  skill competency is 3,38 it were good category. So it can be concluded that the implementation of guided inquiry learning model to  improve students’ inquiry ability and learning outcomes in the several topic of static fluid material at X SMAN 1 Driyorejo Gresik


 


Keywords : guided inquiry learning model, inquiry skills, students learning outcomes


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.