PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL

SISKA FUTIHATUL HUSNA

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah  mengembangkan  perangkat pembelajaran  berbantuan laboratorium virtual untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA pada materi pemanasan global ditinjau dari hasil validasi yang dilakukan oleh para ahli terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan, keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan hasil belajar dan respon peserta didik setelah melaksanakan pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran  berbantuan laboratorium virtual untuk meningkatkan pemahaman konsep layak digunakan dalam pembelajaran fisika ditinjau dari seluruh aspek. Kelayakan perangkat pembelajaran ditinjau dari tingkat validitas berdasarkan hasil  validasi oleh ahli meliputi kelayakan silabus 89%, RPP 92%, LKS 85%, buku siswa 88% dan lembar penilaian 85%. Kelayakan perangkat pembelajaran ditinjau dari tingkat kepraktisan berdasarkan keterlaksanaan RPP selama pembelajaran mencapai 90,32% dengan kategori sangat baik. Kelayakan perangkat pembelajaran ditinjau dari tingkat efektivitas berdasarkan peningkatan hasil belajar menggunakan n-gain score rata-rata sebesar 0,58 dengan kategori sedang dan berdasarkan respon siswa sebesar 76% dengan kategori baik.


Kata Kunci : Perangkat pembelajaran, laboratorium virtual, pemahaman konsep, pemanasan global


Abstract


This research aim  is to develop  teaching materials  with virtual laboratory to increase understanding concepts of senior high school student at the global warming topic which is observed by the results of the validation about teaching material that developed, enforceability of learning, the achievement of learning outcomes and student’s responses after participated in learning using teaching material that have been developed by the observations. This research is refer to the ADDIE model (Analysis, Design, Develop, Implementation, Evaluation). The results showed  that teaching materials with virtual laboratory to increase understanding concepts is decently used in teaching physics in term of all aspects. Feasibility observed by validity level based on the result of validation from experts covering 85% eligibility syllabus, lesson plan 92%, worksheets 85%, textbooks 88% and assessment’s sheets 85%. Feasibility observed by practicability based on lesson plan’s implementation during learning in class attain 90,32% with predicate very good. Feasibility observed by effectiveness based on increase learning outcome using mean n-gain score is 0,58 with predicate medium and based on student’s response attain 76% with predicate good.


Keyword:  Teaching material, virtual laboratory, understanding concepts, global warming


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.