PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN ALAT SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA/MA PADA SUB MATERI KISI DIFRAKSI

ANI MAHMUDAH

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran inkuiri (inquiry learning) dengan alat sederhana, peningkatan keterampilan proses sains dan respon siswa pada pembelajaran sub materi kisi difraksi. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental dengan menggunakan rancangan one group pretest posttest design. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode validasi, tes dan angket. Metode analisis data yaitu dengan analisis validasi perangkat, analisis hasil pretest dan posttest, analisis keterlaksanaan kegiatan pembelajaran, dan analisis respon siswa. Peningkatan keterampilan proses sains siswa dianalisis dengan n-gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran inkuiri memperoleh kategori sangat baik; (2) keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan setelah menerapkan pembelajaran inkuiri  dengan alat sederhana. Dengan analisis gain score untuk tiga kelas uji coba diperoleh peningkatan sebesar  0,73 dan 0,74 dengan kategori tinggi; (3) respon siswa terhadap pembelajaran inkuiri dengan alat sederhana berkategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri dengan alat sederhana dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa.


Kata kunci: Pembelajaran inkuiri, Alat Sederhana, Keterampilan Proses Sains Siswa, Kisi Difraksi


Abstract


This research aims to describe the implementation inquiry learning with simple tools, increasing ability skills of science process  and students response to the study of material diffraction grating. The type in this research is the pre-experimental design with using one group pretest posttest design. Data collection methods by using method validation,  est and question form. Methods of data analysis with the analysis results analysis, device validation pretest and posttest analysis of the implementation activities, learning, and analysis of student response. The increase ability skills of science process  students analyzed with n-gain score. The results showed that: (1) implementation learning using inquiry learning the gain 3.55 by categoryvery good; (2) the ability skills of science process  students experience can increased after applying  inquiry learning. With the analysis of the gain score for three classes of tests obtained an increase of 0.73 and 0.74 with high category; (3) response of students towards inquiry learning  with simple tools categorized either. Thus it can be concluded that, inquiry learning with simple tools can improve science process skills of students.


Keyword:  Inquiry learning, a simple tool, skills of  science process, Diffraction Grating


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.