Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD yang Berorientasi Kurikulum 2013 terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kontinuitas dan Azas Bernoulli

FITRIA HANARIS

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD yang berorientasi kurikulum 2013, mengetahui respon siswa, dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) yang Berorientasi Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan eksperimental desain pre-test dan post-test group. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA-4. Metode analisis data adalah dengan menggunakan metode validasi, metode tes dan metode non tes. Subjek penelitian diberikan pre-test sebelum treatment dan diberikan post-test setelah treatment. Kelayakan ditinjau dari tingkat validitas berdasarkan hasil  validasi oleh ahli meliputi kelayakan silabus 98%, RPP 95%, LKS 90%, buku siswa 88% dan lembar soal 88%. Berdasarkan nilai pre-test dan post-test diperoleh nilai t pada kelas XI MIPA-4 menggunakan uji t-signifikan sebesar 16,85. Nilai t yang diperoleh lebih besar daripada ttabel. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi kontinuitas dan asas Bernoulli  dengan  model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang berorientasi kurikulum 2013 dapat meningkat secara signifikan dan skor gain ternormalisasi sebesar 0,64 termasuk kategori sedang, keterlaksanaan model pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD yang berorientasi kurikulum 2013 dapat meningkat secara signifikan dan nilai rata-rata sebesar 3,23 dengan kategori baik, respon siswa menunjukkan pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dilaksanakan dengan persentase sebesar 86% termasuk kategori sangat baik.


Kata Kunci :  Kooperatif Tipe STAD, Kurikulum 2013


Abstract


This Research aimed to describe the learning process using the cooperative learning method type STAD (Student Teams Achievement Divisions) which oriented to the curriculum 2013, to know students responsibility, and to find know the enhancement of the students learning outcomes using the cooperative learning method type STAD (Student Teams Achievement Divisions) which oriented to the curriculum 2013. The designned by using one group pre-test and post-test design. The Subject of this research is class XI MIPA-4. The Analytical methode of this research use Validation Methode, Testical Methode, and Non-Testical Methode. The subject is given pre-test before the treatment and post-test after the treatment. Feasibility in terms of the validity based on the results of validation by the covering feasibility syllabus 98 % , lesson plans 95 % , lks 90 % , book students 88 % and a exercise 88 %. Based on value pre-test and post-test obtained value t on class XI MIPA-4 use of 16,85 t-signifikan test. Value t were greater than t-tabel .Of this research can be concluded that study results students on subjects of of continuity and the principle of bernoulli with the cooperative learning method type stad oriented curriculum 2013 can increase significantly and a score the gain ternormalisasi of 0,64 including medium category , the enhancement of the student’s outcomes using the cooperative learning method type stad oriented curriculum 2013 can increase significantly and total an average of 3,23 to a category good, response students show the cooperative learning method type stad conducted with the by 86 % category very good.


Keyword:  Cooperative type STAD, curriculum 2013


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.