Penerapan Model Pengajaran Langsung (Direct Instruction) pada Pembelajaran Fisika dengan Strategi Mind Mapping untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Momentum dan Impuls Kelas X SMA Negeri 19 Surabaya

DHITA KARINA SUPRIYANTO

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep peserta didik, mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, dan mengetahui respon pserta didik dari kegiatan pembelajaran dengan model pengajaran langsung (direct instruction) dengan strategi mind mapping. Penelitian ini menggunakan true eksperimental design dengan desain penelitian pre-test post-test two treatment design. Subjek penelitian ini adalah kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen 1 dan X MIA 4 sebagai kelas eksperimen 2. Kelas eksperimen 1 diberikan perlakuan berupa pembelajaran model pengajaran langsung (direct instruction) dengan strategi mind mapping sedangkan kelas eksperimen 2 diberikan perlakuan berupa pembelajaran model pengajaran langsung (direct instruction). Data yang diperoleh adalah hasil pre-test dan post-test yang digunakan untuk menganalisis uji normalitas, uji homogenitas, uji-t satu pihak dan analisis gain ternomalisasi. Hasil pre-test dan post-test digunakan untuk uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas, kedua sampel yang dipilih terdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa pemahaman konsep kelas model pembelajaran pengajaran langsung dengan strategi mind mapping lebih baik dari pemahaman konsep kelas model pengajaran langsung dan peningkatan pemahaman konsep dari kedua kelas termasuk dalam kategori sedang. Keterlaksanaan pembelajaran model pengajaran langsung (direct instruction) dengan strategi mind mapping termasuk dalam kategori sangat baik. Respon peserta didik dari kedua kelas sangat baik terhadap pembelajaran yang diterapkan.


Kata kunci : Model pengajaran langsung, mind mapping, pemahaman konsep.


Abstract


This study aimed to describe the understanding of the concept of learners, describe the implementation of learning, and know the response of students from learning activities with direct instruction model with mind mapping strategy. This research uses true experimental design with pre-test research design post-test two treatment design. The subjects of this study were class X MIA 3 and X MIA 4 determined by purposive sampling technique as experimental class 1 and experiment 2. Experimental class 1 was given treatment in the form of direct instruction learning with mind mapping strategy while experimental class 2 was given Treatment in the form of direct instruction model learning (direct instruction). The data obtained are pre-test and post-test which are used to analyze normality test, homogeneity test, one-party t test and the analysis of unrealized gain. Pre-test and post-test results are used for normality and homogeneity tests. Based on the normality and homogeneity test, the two selected samples were normally distributed and homogeneous. The results showed that the understanding of the concept of experimental class 1 was better than the understanding of the concept of experiment class 2 and the improvement of the concept understanding of the two classes included in the medium category. Implementation of direct instruction learning model (direct instruction) with mind mapping strategy included in very good category. Student response from both classes is very good for the applied learning.


Keywords: Direct teaching model, mind mapping, concept comprehension


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.