PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN LITERASI SAINS FISIKA PESERTA DIDIK PADA BAHASAN GELOMBANG BUNYI DI SMA NEGERI 1 GEDANGAN SIDOARJO

MEI DWI INDRAWATI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan instrumen penilaian literasi sains Fisika peserta didik pada bahasan gelombang bunyi yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model Research and Development. Objek penelitian ini adalah instrumen penilaian literasi sains Fisika yang diuji kelayakan teoritis melalui validasi dan kelayakan empiris melalui ujicoba pada 50 peserta didik. Instrumen penilaian yang dikembangkan merupakan soal uraian yang mengacu pada kompetensi literasi sains OECD yakni menjelaskan fenomena secara ilmiah, mengevaluasi dan mendesain penemuan ilmiah, serta menginterpretasi data dan bukti secara ilmiah. Instrumen penilaian literasi sains fisika yang dikembangkan dinyatakan layak secara teoritis dengan persentase rata-rata kriteria kelayakan materi, konstruksi dan bahasa masing-masing sebesar 90,94%; 88,58%; dan 94,42%. Selanjutnya dilakukan ujicoba untuk kelayakan empiris, diperoleh koefisien reliabilitas sebesar , yang menyatakan instrumen penilaian yang dikembangkan adalah reliabel. Validitas item menunjukkan 31 item soal pada kategori cukup hingga sangat valid. Taraf kesukaran item soal yang layak yakni kategori sedang sebanyak 30 item soal. Sedangkan daya pembeda item soal diperoleh sebanyak 29 item soal  pada kategori cukup hingga sangat baik. Keempat kriteria memberikan kesimpulan sebanyak 29 dari 40 item soal (72,5%) yang dikembangkan layak digunakan. Profil kemampuan literasi sains peserta didik yang diujicoba berada pada kriteria kurang. Persentase peserta didik yang kurang pada kompetensi menjelaskan fenomena secara ilmiah, mengevaluasi dan mendesain penemuan ilmiah, serta menginterpretasi data dan bukti secara ilmiah masing-masing sebesar 66%, 60%, dan 68% peserta didik. Rentang nilai peserta didik pada kriteria kurang tersebut berada pada rentang kriteria sedang pada taraf kesukaran soal.


 


Kata Kunci: instrumen penilaian, literasi sains, gelombang bunyi


Abstract


This study aims to describe the feasibility of physics science literacy assessment instrument for student on the subject of sound waves that have been developed. This research using Research and Development model. The object of this study is physics science literacy assessment instrument which is tested theoretical feasibility through validation and empirical feasibility through a trial on 50 students. The assessment instrument developed is a matter of description that refers to the competence of scientific literacy from OECD, there are explaining the phenomenon scientifically, evaluating and design scientific inquiry, as well as interpreting data and evidence scientifically. The assessment instrument developed are feasible theoretically with the average percentage of material, construction and language feasibility criteria was 90.94%; 88.58%; and 94.42% respectively. After testing for empirical feasibility, the reliability coefficient of 0.665, which states the assessment instrument developed has been reliable. The validity of the item shows 31 items on the category enough until quite valid. Difficulty index for feasible item is medium category as much as 30 items. While the power of differentiation obtained as much as 29 items on the category enough to be very good. The four criteria give conclusions as much as 29 out of 40 items (72.5%) developed feasible to use. The scientific literacy ability profile of the tested students is on the less criteria. The percentage of students lacking in competence explains the phenomenon scientifically, evaluates and designs scientific findings, and interprets data and scientific evidence was 66%, 60%, and 68% of learners respectively. The learners value range on the less criterion lies within the medium range of criteria being on the difficulty index.


 


Keywords: assessment instruments, science literacy, sound waves


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.