MANAJEMEN PESERTA DIDIK SEKOLAH LUAR BIASA DI YAYASAN SLB TUNAS MULYA SURABAYA

PARLIS

Abstract


Manajemen peserta didik merupakan suatu kegiatan pengaturan dan pengelolaan yang dilakukan secara sadar dan terencana oleh pihak pengelola pendidikan terhadap peserta didik mulai dari masuknya peserta didik hingga dinyatakan lulus dari lembaga dimana ia mendapatkan pendidikan. Manajemen peserta didik luar biasa dilakukan untuk mengatur dan mengelola peserta didik luar biasa sejak ia masuk hingga lulus dari sekolah luar biasa.


SLB Tunas Mulya Surabaya merupakan salah satu SLB favorit yang ada di wilayah Surabaya bagian barat. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah peserta didik setiap tahunnya, prestasi akademik dan non akademik yang diraih siswa, akses yang mudah, gedung yang bagus, serta pengelompokan kelas yang berdasarkan ketunaannya.


Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun teknik penelitian untuk mengambil data di lapangan yakni dengan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan perencanaan penerimaan peserta didik baru di SLB Tunas Mulya merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan, karena di dalamnya mencakup berbagai aspek yang dibutuhkan untuk melaksanakan program kerja sekolah. Kemudian mengenai pelaksanaan pengelolaan dan pembinaan peserta didik di SLB Tunas Mulya Surabaya dilakukan dengan menekankan pada aspek individual dari masing-masing anak, pembelajarannya dilakukan dengan adanya berbagai inovasi dan kreatifitas dari guru dalam menyampaikan pembelajaran sedangkan kegiatan pembinaannya dilakukan dengan selalu memberikan pendekatan kepada setiap siswa. Untuk Sistem penilaian dan evaluasi peserta didik yang ada di SLB Tunas Mulya Surabaya menganut standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah namun ada penyederhanaan atau modifikasi dalam kegiatan penilaiannya. Adapun kelulusan dan alumni siswa di SLB Tunas Mulya Surabaya, untuk kelulusannya dapat dilakukan setelah siswa mengikuti seluruh rangkaian ujian yang ada dan setelah siswa lulus maka dapat bergabung dengan ikatan alumni yang sampai saat ini hubungan alumni dan sekolah tetap berjalan dengan baik.


Kata kunci:Manajemen peserta didik, sekolah luar biasa


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.