IMPLEMENTASI SUPERVISI OBSERVASI KELAS OLEH KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMKN1 KALITENGAH LAMONGAN

CHOLISATUN NIKMAH

Abstract


Supervisi dapat memberikan bantuan untuk memperbaiki proses belajar mengajar, melalui perbaikan guru ketika melakukan proses pembelajaran. Teknik supervisi observasi kelas merupakan teknik supervisi yang memberikan pelayanan efektif kepada guru. Dimana Kepala Sekolah dapat melakukan pengawasan secara langsung terhadap guru, sehingga supervisor mendapatkan data secara lengkap dan akurat, diantaranya berbagai kesulitan, kelemahan, kebutuhan maupun kemampuan khusus yang dimiliki guru saat mengajar di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan  implementasi, hambatan, serta solusi supervisi observasi kelas oleh Kepala Sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SMKN1 Kalitengah Lamongan.


Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi nonpartisipan, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Kemudian pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas, dependabilitas, transferabilitas, dan konfirmabilitas.


Hasil penelitian ini adalah 1) Implementasi supervisi observasi kelas oleh Kepala Sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SMKN 1 Kalitengah Lamongan memiliki tujuan untuk memberikan evaluasi dan berfungsi untuk memperbaiki pembelajaran, selain itu dalam pelaksanaannya Kepala Sekolah menerapkan prinsip tidak memaksa. Sebelum melakukan supervisi Kepala Sekolah menyiapkan salinan RPP, silabus, serta lembar instrumen, pelaksanaannya dilakukan dengan terlebih dahulu memberi tahu, adapun jadwal yang dibuat selama satu semester sebanyak satu kali dan pada pelaksanaan tahap akhir dilakukan di lain hari. Hasilnya membuktikan bahwa Guru-guru sudah mengajar dengan sangat baik, hal ini dapat dilihat dari penyampaian tujuan pembelajaran oleh guru, penggunaan media pembelajaran, cara mengelola kelas, dan pengulangan di akhir pembelajaran. 2) Hambatan implementasi supervisi observasi kelas oleh Kepala Sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SMKN 1 Kalitengah Lamongan berasal dari faktor non teknis, dimana jadwal Kepala Sekolah yang sangat padat membuat pelaksanaan supervisi tertunda, pelaksanaan supervisi terhalang dengan jadwal yang tiba-tiba mengharuskan Kepala Sekolah pergi ke luar kota untuk mengadakan rapat. 3) Upaya yang dilakukan dalam menghadapi kendala implementasi supervisi observasi kelas oleh Kepala Sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SMKN 1 Kalitengah Lamongan menunjukkan hasil bahwa: a) Adanya pendelegasian wewenang kepada Wakil Kepala Sekolah atau guru-guru yang lebih senior. b) Mengatur ulang jadwal, dimana jadwal yang sudah dibuat sebelumnya diganti dengan jadwal dihari lain dengan guru yang sama.


Kata kunci: Supervisi observasi kelas, kualitas pembelajaran.


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.