PARTISIPASI ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI TK IT AT-TAQWA SURABAYA

Indah Murni Wati

Abstract


Abstrak


Partisipasi orang tua memiliki peran yang sangat besar terhadap keberhasilan pendidikan anak usia dini (PAUD). Untuk mendapatkan hasil prestasi belajar anak yang maksimal, sekolah perlu menjalin kerjasama yang baik dengan orang tua siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis; 1) Bentuk-bentuk partisipasi orang tua; 2) Faktor pendukung dan penghambat partisipasi orang tua; dan 3) Upaya-upaya yang dilakukan sekolah dalam meningkatkan partisipasi orang tua siswa di sekolah TK IT At-taqwa Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan kondensasi. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil dari penelitian di TK IT At-Taqwa Surabaya menunjukkan: (1)  bentuk-bentuk partisipasi orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, meliputi (a) kegiatan parenting, (b) mengambil raport setiap 2 bulan sekali, (c) mengisi buku penghubung, (d) keaktifan berkomunikasi via grup whatsapp, (e) menghadiri wisuda anak, (d) menghadiri kegiatan karya cipta anak, dan (g) kegiatan orientasi awal tahun; (2) faktor pendukung partisipasi orang tua siswa adalah kesadaran diri orang tua untuk terus aktif mendukung program-program sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar anaknya sebagai bentuk timbal balik untuk sekolah, sedangkan faktor penghambat partisipasi orang tua di sekolah adalah kendala waktu orang tua yang sibuk bekerja, dan antusias orang tua terhadap ilmu parenting kurang; 3) upaya-upaya yang dilakukan sekolah dalam mendukung partisipasi orang tua adalah: (a) sekolah lebih aktif dulu dengan cara sesering mungkin memberikan informasi-informasi tentang perkembangan anak, dan menjaga silaturahim dengan orang tua; (b) melakukan kunjungan home visit ke rumah siswa; dan (c) menjaga komunikasi via grup whatsapp yang dibuat sekolah untuk berkomunikasi dengan orang tua siswa.


Kata Kunci: Partisipasi orang tua, Prestasi belajar, Taman kanak-kanak 


 


PARENT PARTICIPATION IN IMPROVING STUDENT ACHIEVEMENT IN TK IT


AT-TAQWA SCHOOL SURABAYA


Abstract


Parent participation has a big role to the successful of early childhood education (PAUD). To get maximum result of learning achievement schools need to establish good cooperation with parents. The purpose of this study are to describe and analyze; 1) Form of parent participations; 2) Supporting and inhibiting factors; and 3) Efforts by school to improve parent participations in TK IT At-taqwa School, Surabaya. This study used a qualitative approach with descriptive methods and case study design. Interviews, observation, and documentary analysis were use as data collection technique. Data were analyzed by performing condensation. The Data validation was done by used credibility, dependability, transferability, and conformability principles. The result of the student’s that: (1) form of parental participation in improving student achievement, include (a) parenting activities, (b) take report cards every 2 months, (c) fill out the liaison book, (d) the activeness of communication via whatsapp group, (e) attending graduation, (f) attending children’s creative activities, and g) orientation activities in the beginning of the year, (2) the supporting factor of parent’s participation is self awareness of parents to actively support school programs in improving student achievement as a reciprocal form for school, meanwhile the inhibiting factor of parent’s participation in school is  time constraints of busy working parents, and the parent’s enthusiasm for parenting is less; (3) the efforts of the school in supporting the parent participation are: (a) school should be active first by way of as often as possible provide information about child development, maintaining relationships with parents ; (b) making home visit to student’s home; and (c) maintaining communication via whatsapp group created by school to communicate with parents.           


Keywords: Parent participations, Student achievement, Kindergarten


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.