MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN STUDI KASUS DI MI NU KH MUKMIN SIDOARJO

Nafi Sayyidatul Husna

Abstract


Abstrak


Abstrak: Keefektifan manajemen pembelajaran merupakan suatu proses peningkatan keberhasilan yang dapat dicapai dari suatu cara atau usaha tertentu sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi dan menanamkan pendidikan karakter Penelitian ini akan membahas seputar keefektifan manajemen pembelajaran dengan fokus penelitian keefektifan pembelajaran, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Metode yang digunakan  penelitian kualitatif.  Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara tidak terstruktur, observasi dan dokumentasi.Teknik Analisis data  dalam penelitian ini menggunakan model interaktif yang berlangsung secara terus menerus sampai tuntas sehingga datanya jenuh. Aktivitas dalam analisis data yaitu: data condensation, data display, dan conclusions drawing/verifying. Hasil Penelitian menunjukan 1) Keefektifan Pembelajaran yang digunakan ialah KTSP 2006 berbasis multiple intellegences. Peningkatan keprofesionalan guru, mempunyai jaminan kualitas pendidikan. 2) Perencanaan pembelajaran berbasis multiple intellegences. 3) Pelaksanaan pembelajaran berbasis multiple intellegences guru akan mengimplementasikan perencanaan pembelajaran ke dalam tiga tahapan, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. 4) Evaluasi pembelajaran di MI NU KH Mukmin Sidoarjo, yaitu: Evaluasi pembelajaran menggunakan 2 jenis objek evaluasi yaitu aspek manajerial dan aspek substansial. Pada awal masuk tahun ajaran baru MI NU KH Mukmin melakukan tes multiple intellegences research kemudian hasil tes tersebut diserahkan ke edunext untuk mengelompokan siswa sesuai dengan gaya belajar siswa. Penilaian pembelajaran berbasis multiple intellegences di MI NU KH Mukmin menggunakan penilaian autentik dengan menggunakan penilaian kognitif, afektif dan psikomotorik.


 


Kata Kunci: Keefektifan Pembelajaran, Manajemen Pembelajaran 


 


 


LEARNING MANAGEMENT IN IMPROVING CASE STUDY LEARNING INFLUENCES


AT MI NU KH MUKMIN SIDOARJO


Abstract


Abstract : The effectiveness of learning management is a process of increasing the success that can be achieved from a particular way or business in accordance with the objectives to be achieved. The goal is to improve performance and instill character education. This study aims to describe and analyze about (1) Lesson of an effectiveness at MI NU KH Mukmin Sidoarjo (2) Planning of lesson in improving learning (3) Implementation of lesson in improving learning (4) evaluation of lesson in improving learning. In this study, the writer using qualytitative method. technique that use is a interview, observation,  and documentation.  The analisis data in this study using interactive model. In analyzing data, the technique that is data  condensation, data display and conclusions  drawing/verifying. The results of field research can be explained as follows: 1) Effectiveness of Learning that is using KTSP 2006 based multiple intelligences. Increased professionalism of teachers, have guaranteed the quality of education. 2) Learning planning at learning based multiple intelligences. 3) Implementation of learning based multiple intelligences teachers will implement learning planning into three stages, namely preliminary activities, core activities and closing activities. 4) Evaluation of learning in MI NU KH Mukmin Sidoarjo, namely: Evaluation of learning using 2 types of evaluation objects that are managerial aspects and substantial aspects. At the beginning of the new school year MI NU KH Mukmin conduct multiple intellegences research tests then the results are submitted to the edunext to categorize students in accordance with student learning styles. Intellegences multiple based learning assessment in MI NU KH believer uses authentic assessment using assessment of cognitive, affective and psychomotor.


.


Key word:  Effectiveness of Learning, Learning Management


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.