STRATEGI IMPLEMENTASI PENCAPAIAN MUTU BERBASIS ISO 9001:2008 (STUDI KASUS DI MAN LAMONGAN)

Yeni Retno Sari

Abstract


Abstrak


Abstrak: Madrasah ISO 9001:2008 adalah madrasah yang menerapkan sistem perbaikan mutu berstandart internasional. Dalam implementasi program pencapaian mutu dibutuhkan beberapa strategi. Sebab kebutuhan yang dimiliki oleh setiap madrasah berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan strategi yang digunakan oleh MAN Lamongan untuk implementasi pencapaian mutu berbasis ISO 9001:2008, melalui: (1) strategi yang dilakukan madrasah dalam implementasi pencapaian mutu berbasis ISO 9001:2008; (2) komitmen kepala madrasah dalam implementasi pencapaian mutu berbasis ISO 9001:2008; dan (3) peranan aktor dalam implementasi pencapaian mutu berbasis ISO 9001:2008. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dan menggunakan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif (Miles, et al (2014:33) yang berlangsung secara terus menerus sampai tuntas sehingga datanya jenuh. Aktivitas dalam analisis data yaitu:  data condensation, data display, dan conclusions drawing/verifying. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi yang dilakukan dalam implementasi pencapaian mutu berbasis ISO 9001:2008 digunakan MAN Lamongan antara lain yaitu, pengembangan strategi berupa perencanaan strategis, kemudian implementasi strategi, dan yang terakhir yaitu pengeolaan inovasi (2) komitmen kepala madrasah melalui penyusunan visi, misi dan tata nilai organisasi, kemudian adanya akuntabilitas organisasi, serta tanggung jawab sosial (3) keterlibatan aktor dalam implementasi pencapaian mutu berbasis ISO 9001:2008 merupakan pengelolaan manajemen sumber daya manusia, kemudian pengetahuan pasar dan pelanggan, serta adanya program penghargaan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ketiga strategi tersebut bisa mempengaruhi ketercapaian program yang telah direncanakan sehingga dapat memperoleh timbal balik berupa pencapaian implementasi mutu.


 


Kata Kunci: Strategi, Pencapaian, Madrasah ISO 9001:2008


 


THE IMPLEMENTATION STRATEGY OF QUALITY ACHIEVEMENT BASED ON 9001:2008 (A CASE STUDY IN MAN LAMONGAN)


Abstract


Abstract : Madrasah ISO 9001:2008 is a madrasah that applied upgrading quality system with international standart. The implementation of quality achievement program required several strategies. This study aims to describe the strategy used by MAN Lamongan for implementation of ISO 9001: 2008 quality achievement, through: (1) the strategy of madrasah in implementation of quality achievement based on ISO 9001: 2008; (2) the headmaster commitment in implementation of quality achievement based on ISO 9001: 2008; and (3) the actors’ role in implementation of quality achievement based on ISO 9001: 2008. This study employed qualitative with descriptive method supported by case study. The data collection technique were interview, observation and documentation. The data was analyzed using interactive model (Miles, et al (2014:33) which was continuously held until the data was valid. The activity in analysing were data condensation, data display and conclusions drawing/verifying. The result shows that: (1) the strategy of madrasah in implementation of quality achievement based on ISO 9001: 2008 strategy development such as strategic planning, implementation strategy and inovation management (2) the headmaster commitment is the structuring of perspective, mission and value-making organization, organization accountability and social responsibility (3) the actors’ role in implementation of quality achievement based on ISO 9001: 2008 is human resource management, market and customer knowledge and appreciation program. So, can be concluded that the three strategies give affect the achievement of the program that has been planned to obtain reciprocity in the form of achievement of quality implementation.


 


Key word:  strategy, accomplishment, madrasah ISO 9001:2008


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.