HUBUNGAN ANTARA MUTU SEKOLAH DAN PEMASARAN SEKOLAH DENGAN MINAT SISWA MEMILIH PENDIDIKAN DI  SD RADEN FATAH SURABAYA

Mohammad Ilyas

Abstract


Abstrak


Abstrak: Sekolah sebagai salah satu institusi pendidikan menjadikan sekolah yang bermutu agar meningkatkan minat siswa memilih sekolah tersebut yang tentunya diimbangi pemasaran sekolah yang baik juga. Terdapat salah satu sekolah dasar di Surabaya yang memiliki siswa banyak, yaitu mencapai 400 siswa. SD Raden Fatah adalah sekolah berstatus swasta namun memiliki peminat yang banyak, hal ini bisa dikarenakan mutu dan sekolah yang baik atau pemasaran sekolah yang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara mutu sekolah dan pemasaran sekolah dengan minat siswa memilih pendidikan di SD Raden Fatah Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah wali murid kelas I – IV dan tenaga pendidik serta kependidikan di SD Raden Fatah Surabaya sebanyak 104 orang. Penelitian ini menunjukkan kuatnya hubungan mutu sekolah dan pemasaran sekolah dengan minat siswa memilih pendidikan di SD Raden Fatah Surabaya sebesar 41,3% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis korelasi sederhana dan ganda dengan  product moment. Berdasarkan hasil analisis data product moment hubungan yang kuat pada variabel minat siswa memilih pendidikan memperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,005, dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima, maka artinya terdapat hubungan yang signifikan antara mutu sekolah dan pemasaran sekolah dengan minat siswa memilih pendidikan.


Kata kunci: mutu sekolah, pemasaran sekolah, minat siswa.


 


RELATIONSHIP BETWEEN QUALITY OF SCHOOL AND MARKETING OF SCHOOL


WITH STUDENT INTERESTS CHOOSE EDUCATION IN SD RADEN FATAH SURABAYA


 


Mohammad Ilyas


Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya


ilyasjepret@gmail.com


Nunuk Hariyati


Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya


nunukhariyati@unesa.ac.id 


 


Abstract


Abstract : School as one of educational institution that creates quality of school to increase students’ interest in choosing school that also balanced by good marketing of school. There is an elementary school in Surabaya that has many students, there are 400 students. SD Raden Fatah Surabaya is a private school but has many devotees, it caused by good quality school or good marketing of school. The purposes of this study was to determine the relationship between the quality of school and school marketing with student interest in choosing an education at SD Raden Fatah Surabaya. This research used quantitative approach with kind of research was descriptive research. The sample in this study were the guardian of students in I - IV grade and the educator also staff at SD Raden Fatah Surabaya that consist of 104 people. This study showed the strength of relationship of school quality and marketing of school with interest of student choosing education at SD Raden Fatah Surabaya with amount 41,3% while the residue is influenced by another factor. The data analysis technique used simple analysis of regression and double correlation with product moment. Based on the result of product moment in data analysis, the strong relation on variable of students’ interest in choosing education has significant values in number 0.000 <0,005, this H0 rejected and Ha accepted, that means there is significant relation between school quality and marketing of school with student interest choosing education.


Key word: school quality, school marketing, student interest.


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.